KISI
–KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMEATER 1
MATA PELAJARAN : PKn
JUMLAH SOAL : 50 BUTIR SOAL
KELAS/SEMESTER :
IX / I
BENTUK
SOAL : PG
TAHUN
PELAJARAN : 2016/2017
ALOKASI
WAKTU : 90 MENIT
|
NO
|
Standar
Kompetensi /Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
|
1
|
Menampilkan
partisipasi dalam usaha
Pembelaan
negara.
1.1.Menjelaskan
pentingnya usaha Pembelaan negara
|
Pengertian
ra dan upaya bela Negara
|
Sisw
dapat menjelasakan upaya bela negara
|
|
|
|
Unsur
unsur negara
|
Siswa
dapa menyebutkan unsur – unsur negara secara konstitutif dan deklaratif dengan
benar
|
|
|
|
Dasar hukum upaya bela negara
|
Siswa
dapat menunjukkan dasar hukum upaya bela Negara.
|
|
|
|
Pengakuan
negara secara deyure dan de facto
|
Siswa
dapat menjelaskan pengakuann secara de facto bagi
berdirinya suatu negara
|
|
|
|
Prinsip bangsa Indonesia dalam pertahanan Negara
|
Siswa dapat menjelaskan prinsip bangsa Indonesia
dalam pertahanan Negara
|
|
|
|
Hankamrata
|
Siswa dapat menjelaskan makna SISHANKAMRATA
|
|
|
|
Komponen dalam upaya bela Negara
|
Siswa
dapat menunjukkan komponen cadangan
dalam upaya bela negara
|
|
|
|
Fungsi Negara
|
Siswa dapat
memberikan contoh action negara dalam mewujudkan fungsi kesejahteraan
|
|
|
1.1.
Mengdentifikasi bentuk –bentuk uasaha pembelaan negara
|
Bentuk-bentuk upaya bela negara
|
Siswa dapat menjelaskan bentuk upaya bela negara
|
|
|
|
Ketahanan nasional
|
Siswa dapat menunjukkan contoh uapaya meningkatkan
ketahanan nasional di sekolah
|
|
|
|
Nasionalisme
|
Siswa dapat
menunjukkan contoh ancaman pemberontakan dari dalam negeri (gerakan
sparatis)
Siswa
dapat menunjukkan sikap apabila Negara diserang musuih
|
|
|
|
Tanggungjawab upaya bela Negara
|
Siswa dapat menjelaskan siapa yang tanggungjawab dalam upaya bela negara
|
|
|
|
Pentingnya upaya bela negara
|
Siswa
dapat menjelaskan alasan pentinya bela Negara
|
|
|
|
Tugas
pokok TNI dan POLRI
|
Siswa
dapat menyebutkan tugas pokok TNI dan POLRI
|
|
|
|
Rasa nasionalisme
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh sikap nasionalisme
|
|
|
1.2.
Menampilkan peran serta dalam usaha
pembelaan negara
|
Bentuk
–bentuk keikut seertaan warga negara dalam bela negara
|
Siswa
dapat menyebutkan bentuk – bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara
|
|
|
|
Organisasi
rakyat terlatih
|
Siswa
dpat menjelaskan tujuan pelatihan dasar kemilitiran bagi menwa
|
|
|
|
Partisipasi warga negara dalam pembelaan negara
|
Siswa
dapat memberi contoh partisipasi wraga negara dalam usaha pembelaan Negara dilingkungan sekolah dan masyarakat dan negara
|
|
2
|
2.
Memahami
Pelaksanaan otonomi daerah
2.1. Mendiskripsikan
pengertian otonomi daerah
|
Pengertian desentralisasi
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian desentralisasi
dengan benar
|
|
|
|
Asas otonomi daerah
|
Siswa dapat menjelaskan asas
otonomi daerah dengan
benar
Siswa dapat menjelaskan pengertian tugas pem,bantuan dengan benar
|
|
|
|
Dasar
hukum penyelenggara pemerintah daerah
|
Siswa
dapat menyebutkan pasal UUD 1945 yang dijadikan dasar penyelenggara
pemerintah daerah denagn benar
|
|
|
|
Pemerintahan daerah
|
Siswa
dapat menjelaskan unsure pemerintah dan pemerintahan daerah
|
|
|
|
Pertanggungjawaban pemerintah daerah
|
Siswa
dapat menjelaskan pertanggungjawaban kepala daerah kabupaten dan
propionsi
|
|
|
|
Dasar hukum pelaksnaan otonomi daerah
|
Siswa dapat menyebutkan dasar hukum pelaksanaan
otonomi daerah
|
|
|
|
Pelaksanaan otonomi daerah
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh pelaksanaan otonomi daerah
dengan benar
|
|
|
|
Titik
berat daerah otonom
|
Siswa
dapt menunjukkan daerah yang menjadi titik berat pelaksanaan otonomi daerah
|
|
|
|
Peraturan daerah/perda
|
Siswa dapat menjelaskan kewenangan pembuatan
peraturan daerah/Perda
|
|
|
|
Kebijakan public
|
Siswa dapat menjelaskan langkah perumusan kebijakan public
Siswa dapat menunjukkan partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik
Siswa dapat
menjelasakan hakekat klebujakan public
Siswa dapat menjelaskan kebijakan ciri public yang
baik
Siswa dapat menjelasakan akibat jika masyarakat
tidak tidak mau pro aktif dalam perumusan kebijakan publik
|
|
|
|
Tujuan pelaksaan otonomi daerah
|
Siswa dapat menjelasakan tujuan pemberian otonomi
darah
|
|
|
|
Lembaga penyalur aspirasi di tingkat desa
|
Siswa
dapat menyebutkan lembaga penyalur aspirasi masyarakat di tingkat desa dengan
benar
|
|
|
2.2. menjelaskan pentingnya
partisipasi masyarakat dalam penuntasan kebijakan publik di daerah
|
Pengertian kebijakan public
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian kebijakan publik
dengan benar
|
|
|
|
Proses penyusunan dan perumusan kebijakan publik
|
Siswa dapat menjelaskan proses/langkah awal penyusunan an perumusan kebijakan publik dengan
benar
|
|
|
|
Contoh-contoh kebijakan public
|
Siswa dapat memberi contoh termasuk kebijakan
ekstraktif dengan benar
|
|
|
|
Tujuan pembuatan kebijakan publik
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan pembuatan kebijakan
publik dengan benar
|
|
|
|
Pentingnya peran serta masyarakat dalam perumusan
kebijakan publik
|
Siswa
dapat menjelakan pentingnya partisipasi masyarakat dalam
perumusankebijakan publik di daerah dengan benar
|
|
|
|
Ciri kebijakn publik yang baik
|
Siswa dapat menjelaskan cirri kebijakan public yang
baik
|
|
|
|
Kewenangan daerah dan pusat dalam pelaksaan otonomi
daerah
|
Siswa
dapat menunjukkan kewenangan pemerintah pusat dalam pelaksaaan otonomi
daerah
|
|
|
|
Fungsi DPRD
|
Siswa dapat menjelasakn fungsi DPRD
|
|
|
|
Lembaga penyalur aspirasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik
|
Siswa dapat menunjukkan contoh lembaga penyalur
aspirasi
|
|
|
|
|
Siswa dapat menunjukkan lembaga aspirasi di
tingkat Desa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar