KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMP KABUPATEN GUNUNGKIDUL
KELAS IX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Jenis
Sekolah : SMP Jumlah Soal :
50 butir
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Bentuk Soal/test :
Pilihan Ganda
Kurikulum : KTSP
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
|
1.
|
1.Memahami
kondisi perkembangan Negara di dunia
|
1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
|
Negara
maju dan Negara berkembang
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik suatu
negara maju
-
Siswa dapat menyebutkan contoh negara berkembang
-
Siswa dapat mengidentifikasi masalah yang dihadapi
negara berkembang dalam pengelolaan SDA
|
1
2
3
|
|
Tahap-tahap perkembangan suatu Negara
|
-
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri perkembangan suatu negara ke dalam tahap-tahap
perkembangan negara menurut W.W.
Rostow
|
4
|
|||
|
-
Siswa dapat menyebutkan tahap- tahap perkembangan
suatu negara menurut W.W.Rostow
|
5
|
||||
|
Ciri-ciri
negara maju dan negara berkembang
|
-
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri negara berkembang menurut Todaro
|
6
|
|||
|
Persebaran
negara maju dan negara berkembang
|
-
Siswa dapat menunjukkan pada peta salah satu contoh negara berkembang
|
7
|
|||
|
Perkembangan industri di negara maju dan negara berkembang
|
-
Siswa dapat menyebutkan pusat industri tertua di
Inggris
|
8
|
|||
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi sumber mineral yang
sangat membantu dan berperan dalam perekonomian di negara Mexico
|
9
|
||||
|
|
|
|
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang menyebabkan
industri di negara Brasil kurang berkembang
|
10
|
|
2
|
3. Memahami perubahan sosial budaya.
|
3.1. Mendiskripsikan perubahan
sosial budaya pada masyarakat.
|
·
Bentuk-bentuk
perubahan sosial budaya
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh bentuk perubahan evolusi sosial budaya
|
11
|
|
|
|
|
·
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perubahan sosial budaya
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh faktor
eksternal yang mempengaruhi perubahan
sosial budaya
|
12
|
|
-
Siswa dapat
menjelaskan adanya penemuan-penemuan
baru yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial
|
13
|
||||
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh proses
terjadinya pengaruh perubahan sosial budaya karena kontak kebudayaan dengan masyarakat lain
|
14
|
||||
|
·
Faktor-faktor
pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi faktor pendorong
perubahan sosial budaya
|
15
|
|||
|
3.2.
Menguraikan tipe-tipe perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
·
Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat
dalam menyikapi perubahan
|
16
|
||
|
|
·
Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi contoh perilaku
masyarakat yang disebabkan karena ketidakserasian (disentegrasi)
|
17
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator soal
|
No Soal
|
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara
di dunia.
|
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II
(termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Latar belakang
,fihak-fihak yang berperang
Dalam Perang
Dunia II
Perang Dunia II
di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
Pengaruh
kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
Bentuk –bentuk
perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan
bawah tanah,perjuangan
Bersenjata
|
- Disajikan data, siswa dapat menyebutkan
sebab umum Perang Dunia II
- Siswa dapat menjelaskan pemicu Perang
Dunia II di kawasan Asia Pasifik
- Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan
akibat Perang Dunia II
- Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan
sikap Jepang pada awal pendudukan Jepang di Indonesia
- Siswa dapat
mendiskripsikan kerja paksa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia
- Siswa dapat menyebutkan tokoh tokoh MIAI
- Siswa dapat menyebutkan kelompok gerakan
bawah tanah pada masa pendudukan Jepang
|
18
19
20
21
22
23
24
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator soal
|
No Soal
|
|
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1.Mengidentifikasi usaha perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Faktor –faktor
yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena
Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
Peran dunia
internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik
Pengaruh konflik
Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
Aktifitas
diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan
Perjuangan
rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
|
- Disajikan data, siswa dapat
mendiskripsikan tugas AFNEI
- Siswa dapat mendiskripsikan negara
pendukung Indonesia adanya Agresi Militer I
- Siswa dapat mendiskripsikan hasil konferensi Meja Bundar
- Siswa dapat mendiskripsikan tentang pemicu tentara
Inggris menyerang Surabaya 10 Nopember 1945
- Siswa dapat menyebutkan arti penting Serangan Umum 1
Maret 1949
- Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan faktor yang memaksa Belanda
keluar dari Indonesia
|
25
26
27
28
29
30
|
|
|
2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
Proses
kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan
Berbagai
peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan
derah
Dekrit Presiden
5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya
Politik Luar
Negeri pada masa Demokrasi terpipimpin
|
-
Siswa
dapat mendiskripsikan kabinet pertama
pada masa demokrasi liberal
-
Siswa
dapat mendiskripsikan keberhasilan
kabinet Ali Sastro Amidjojo I
-
Disajikan
data, siswa dapat mendiskripsikan isi dekrit
Presiden 1959
-
Siswa
dapat mendiskripsikan alasan konfrontasi Indonesia dengan Malaysia pada masa
demokrasi terpimpin
|
31
32
33
34
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator soal
|
No Soal
|
|
4. Memahami Lembaga Keuangan dan
Perdagangan Antar Negara
|
4.1 Mendeskripsikan uang dan
Lembaga
|
Uang / Syarat- syarat uang
|
-
Siswa mampu mengidentifikasi syarat-syarat suatu barang dapat dijadikan
uang
|
35
|
|
|
keuangan
|
|
|
|
|
|
|
Permasalahan fungsi uang dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
Siswa mampu
membedakan berbagai macam fungsi uang yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
|
36
|
|
|
|
Jenis-jenis uang giral
|
-
Siswa mampu membedakan berbagai jenis uang giral yang ada
dalam masyarakat
|
37
|
|
|
|
Macam-macam nilai uang
|
-
Siswa mampu
mengapilkasikan macam-macam nilai uang yang ada dalam kehidupan. yang ada dalam kehidupan.
|
38
|
|
|
|
Kebijaksanaan-kebijaksanaan
pemerintah yang berkaitan dengan uang.
|
-
Siswa mampu
membedakan dari berbagai macam kebijaksa naan pemerintah.
|
39
|
|
|
|
|
||
|
|
|
Kurs mata uang
|
-
Siswa mampu
menerapkan kurs mata uang dalam kehidupan sehari-hari
|
40
|
|
|
|
Tugas dan wewenang Bank
Indonesia
|
-
Siswa mampu
menjelaskan salah satu tugas dan wewenang Bank Indonesia
|
41
|
|
|
|
Fungsi Bank di Indonesia
|
-
Siswa mampu
mengidentifikasi fungsi Bank secara umum
yang ada di Indonesia.
|
42
|
|
|
|
Fungsi dan Tugas BPR
|
-
Siswa mampu
menjelaskan tugas dan usaha yang dilakukan BPR
|
43
|
|
|
|
Macam-macam LKBB
|
-
Siswa mampu
menjelaskan LKBB yang ada di Indonesia.
|
44
|
|
|
4.2 Mendeskripsikan perdagangan
|
Perdagangan internasional
|
-
Siswa mampu
menjelaskan sebab-sebab terjadinya perdagangan internasional
|
45
|
|
|
internasional dan dampaknya
terhadap perekonomian di Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Siswa mampu
menunjukkan manfaat perdagangan internasional
|
46
|
|
|
|
|
-
Siswa mampu
mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam perdagangan internasional
|
47
|
|
|
|
Kebijakan perdagangan
internasional
|
-
Siswa mampu
membedakan berbagai macam kebijakan dalam perdagangan Internasional
|
48
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber-sumber devisa dan tujuan
penggunaannya.
|
-
Siswa mampu
mengidentifikasi sumber-sumber devisa suatu negara dengan benar
|
49
|
|
|
|
Dampak perdagangan internasional
terhadap perekonomian Indonesia
|
-
Siswa mampu
menjelaskan dampak positif dan negatif dalam perdagangan internasional
terhadap perkonomian Indonesia
|
50
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar