Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 9

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 9



KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMP KABUPATEN GUNUNGKIDUL
KELAS IX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jenis Sekolah          : SMP                                                                                                                           Jumlah Soal            : 50 butir
Mata Pelajaran       : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL                                                                             Bentuk Soal/test     : Pilihan Ganda
Kurikulum              : KTSP


No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator

No Soal
1.
1.Memahami kondisi perkembangan Negara di dunia

    
1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Negara maju dan Negara berkembang

-          Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik suatu negara maju

-          Siswa dapat menyebutkan contoh negara berkembang

-          Siswa dapat mengidentifikasi masalah yang dihadapi negara berkembang dalam pengelolaan SDA

1


2


3
Tahap-tahap perkembangan suatu Negara

-          Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri perkembangan  suatu negara ke dalam tahap-tahap perkembangan  negara menurut W.W. Rostow
4
-          Siswa dapat menyebutkan tahap- tahap perkembangan suatu negara menurut W.W.Rostow


5
Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

-          Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri negara berkembang menurut Todaro

6
Persebaran negara maju dan negara berkembang
-          Siswa dapat menunjukkan pada peta salah satu contoh  negara berkembang

7
Perkembangan  industri di negara maju dan negara berkembang
-          Siswa dapat menyebutkan pusat industri tertua di Inggris
8
-          Siswa dapat mengidentifikasi sumber mineral yang sangat membantu dan berperan dalam perekonomian di negara Mexico
9




-          Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang menyebabkan industri di negara Brasil kurang berkembang
10
2
3. Memahami perubahan sosial budaya.
3.1.  Mendiskripsikan perubahan
sosial budaya pada masyarakat.
·         Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya
-          Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh bentuk perubahan  evolusi sosial budaya


11



·         Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial budaya

-          Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh faktor eksternal  yang mempengaruhi perubahan sosial budaya


12




-          Siswa  dapat menjelaskan  adanya penemuan-penemuan baru yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial
13
-          Siswa dapat mengidentifikasi salah satu contoh proses terjadinya pengaruh perubahan sosial budaya karena kontak  kebudayaan dengan masyarakat lain
14
·         Faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya
-          Siswa dapat mengidentifikasi faktor pendorong perubahan sosial budaya

15
3.2. Menguraikan tipe-tipe   perilaku masyarakat dalam menyikapi  perubahan
·         Tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan

-          Siswa dapat mengidentifikasi tipe-tipe masyarakat dalam menyikapi perubahan
16

·         Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan
-          Siswa dapat mengidentifikasi contoh perilaku masyarakat yang disebabkan karena ketidakserasian (disentegrasi)
17


Standar Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran

Indikator soal

No Soal
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

Latar belakang ,fihak-fihak yang berperang
Dalam Perang Dunia II

Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang


Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata

-   Disajikan data, siswa dapat menyebutkan sebab umum Perang Dunia II

-   Siswa dapat menjelaskan pemicu Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik

-   Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan akibat  Perang Dunia II

-   Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan sikap Jepang pada awal pendudukan Jepang di Indonesia

- Siswa dapat mendiskripsikan kerja paksa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia

-   Siswa dapat menyebutkan tokoh tokoh MIAI

-   Siswa dapat menyebutkan kelompok gerakan bawah tanah pada masa pendudukan Jepang
18

19

20

21


22

23

24



Standar Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran

Indikator soal

No Soal
2.  Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2.1.Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia


Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia

Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia

Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan

Perjuangan rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia
-     Disajikan data, siswa dapat mendiskripsikan tugas AFNEI
-     Siswa dapat mendiskripsikan negara pendukung Indonesia adanya Agresi Militer I

-  Siswa dapat  mendiskripsikan hasil konferensi Meja Bundar
-  Siswa dapat  mendiskripsikan tentang pemicu tentara Inggris menyerang Surabaya 10 Nopember 1945

-  Siswa dapat  menyebutkan arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949

-  Disajikan data, siswa dapat  mendiskripsikan faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
25

26


27

28


29


30

2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan


Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan

Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan derah

Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya

Politik Luar Negeri pada masa Demokrasi terpipimpin
-   Siswa dapat  mendiskripsikan kabinet pertama pada masa demokrasi liberal

-   Siswa dapat  mendiskripsikan keberhasilan kabinet Ali Sastro Amidjojo I



-   Disajikan data, siswa dapat  mendiskripsikan isi dekrit Presiden 1959

-   Siswa dapat mendiskripsikan alasan konfrontasi Indonesia dengan Malaysia pada masa demokrasi terpimpin
31


32




33


34







Standar Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran

Indikator soal

No Soal
4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan Antar Negara
4.1 Mendeskripsikan uang dan Lembaga
Uang / Syarat- syarat uang
-          Siswa mampu  mengidentifikasi  syarat-syarat suatu barang dapat dijadikan uang
35

      keuangan





Permasalahan fungsi uang dalam kehidupan sehari-hari
-          Siswa mampu membedakan berbagai macam fungsi uang yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
36


Jenis-jenis uang giral
-          Siswa mampu  membedakan berbagai jenis uang giral yang ada dalam masyarakat
37


Macam-macam nilai uang
-          Siswa mampu mengapilkasikan macam-macam nilai uang yang ada  dalam kehidupan. yang ada  dalam kehidupan.
38


Kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan uang.
-          Siswa mampu membedakan dari berbagai macam kebijaksa naan pemerintah.
39







Kurs mata uang
-          Siswa mampu menerapkan kurs mata uang dalam kehidupan sehari-hari
40


Tugas dan wewenang Bank Indonesia
-          Siswa mampu menjelaskan salah satu tugas dan wewenang Bank Indonesia
41


Fungsi Bank di Indonesia
-          Siswa mampu mengidentifikasi fungsi Bank secara umum  yang ada di Indonesia.
42


Fungsi dan Tugas BPR
-          Siswa mampu menjelaskan tugas dan usaha yang dilakukan BPR
43


Macam-macam LKBB
-          Siswa mampu menjelaskan LKBB yang ada di Indonesia.
44

4.2 Mendeskripsikan perdagangan
Perdagangan internasional
-          Siswa mampu menjelaskan sebab-sebab terjadinya perdagangan internasional
45

internasional dan dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia.






-          Siswa mampu menunjukkan manfaat perdagangan internasional
46



-          Siswa mampu mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam perdagangan internasional
47


Kebijakan perdagangan internasional
-          Siswa mampu membedakan berbagai macam kebijakan dalam perdagangan Internasional
48







Sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya.
-          Siswa mampu mengidentifikasi sumber-sumber devisa suatu negara dengan benar
49


Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia
-          Siswa mampu menjelaskan dampak positif dan negatif dalam perdagangan internasional terhadap perkonomian Indonesia
50






Tidak ada komentar:

Posting Komentar