KISI-KISI
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I
MAPEL
MATEMATIKA KELAS VIII
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
NOMOR SUB KOMP. DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
1
|
Memahami bentuk
aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
|
Melakukan operasi aljabar
|
1.1
|
Diberikan bentuk aljabar suku 3, siswa dapat menentukan koefisien dari
variabel tertentu.
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
|
|
Diberikan dua suku aljabar, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan suku
aljabar tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
|
||||
|
siswa dapat menyederhanakan operasi pengurangan bentuk aljabar
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
|
||||
|
Diberikan dua macam bentuk aljabar tiga suku, siswa dapat menjumlahkan
dan menyederhanakan
Diberikan bentuk aljabar suku 2 berpangkat 4, siswa
dapat menentukan koefisien dari variabel tertentu.
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
ganda
|
4
5
|
|
||||
|
Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
1.2
|
Siswa dapat menyederhanakan pembagian suatu bentuk aljabar
Siswa dapat memfaktorkan bentuk kuadrat suku 3
Siswa dapat memfaktorkan bentuk kuadrat suku 3
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
6
7
8
|
|
||
|
Diberikan dua macam bentuk pecahan aljabar dua suku, siswa dapat menentukan hasil pembagian
|
Pilihan
Ganda
|
9
|
|
||||
|
Diberikan dua macam bentuk pecahan aljabar dua suku, siswa dapat menentukan hasil perkalian
|
Pilihan
Ganda
|
10
|
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
Memahami relasi
dan fungsi
|
1.3
|
Diberikan suatu relasi yang disajikan dalam diagran anak panah, siswa
dapat menentukan hubungan
antara dua himpunan
|
Pilihan
Ganda
|
11
|
|
||
|
Diberikan relasi tertentu antara dua himpunan siswa dapat menyajikan dalam himpunan pasangan berurutan
|
Pilihan
Ganda
|
12
|
|
||||
|
Diberikan dua himpunan, siswa dapat menentukan banyaknya pemetaan yang terjadi antara dua himpunan tersebut
Diberikan dua himpunan, siswa dapat menentukan korespondensi satu - satu antara dua himpunan tersebut yang disajikan
dalam himpunan pasangan berurutan
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
13
14
|
|
||||
|
Menentukan
nilai fungsi
|
1.4
|
Diberikan suatu fungsi f(x). Jika diketahui nilai fungsinya siswa dapat
menentukan nilai fungsi
tersebut
|
Pilihan
Ganda
|
15
|
|
||
|
Diberikan suatu fungsi f(x) Jika dketahui daerah kawan siswa dapat menentukan daerah hasil fungsi tersebut
Diberikan fungsi f(x) = ax + b. Jika dketahui beberepa nilai fungsinya,
siswa dapat menentukan rumus
fungsi
Diberikan fungsi f(x) = ax + b. Jika dketahui beberepa nilai fungsinya,
siswa dapat menentukan nilai dari fungsi yang lain.
Diberikan suatu fungsi f(x). Jika diketahui nilai fungsinya siswa dapat
menentukan nilai fungsi
yang lain
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
16
17
18
19
|
|
||||
|
Membuat sketsa
grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem
koordinat Cartesius
|
1.5
|
Diberikan suatu grafik, siswa dapat menunjukkan pemetaan
Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan gradien suatu garis
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
20
21
|
|
||
|
Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis
lurus
|
1.6
|
Diberikan dua titik sembarang, siswa dapat menentukan gradiennya
Diberikan suatu persamaan garis, siswa dapat menentukan gradiennya
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
22
23
|
|
||
|
Siswa dapat menentukan
absis suatu titik koordinat dua garis saling sejajar pada persamaan garis,
jika diketahui persamaan garis dan dua titik yang dilalui
|
Pilihan
Ganda
|
24
|
|
||||
|
Siswa dapat menentukan persamaan garis yang melalui dua buah titik yang
diketahui
|
Pilihan
Ganda
|
25
|
|
||||
|
Siswa dapat menentukan persamaan garis yang diketahu gradien dan sebuah
titik yang dilalui
|
Pilihan
Ganda
|
26
|
|
||||
|
Diberikan suatu gambar grafik, siswa dapat menentukan persamaan garis
|
Pilihan
Ganda
|
27
|
|
||||
|
Siswa dapat menentukan dua persamaan garis yang saling sejajar, jika berikan
beberapa persamaaan garis
Siswa dapat menentukan persamaan garis yang sejajar suatu garis dan sebuah titik yang dilalui
Siswa dapat menentukan persamaan garis yang tegak lurus suatu garis dan
sebuah titik yang dilalui
|
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
Pilihan
Ganda
|
28
29
30
|
|
||||
|
|
Memahami sistem
persa-maan linear dua variabel dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Menyelesaikan
sistem persamaan linear dua variabel
|
2.1
|
Diberikan persamaan
linear 2 variabel dan beberapa nilai variabel. Siswa dapat menentukan
himpunan penyelesaiannya
|
Pilihan Ganda
|
31
|
|
|
2.1
|
Diberikan sistem
persamaan linear dua variabel. Siswa dapat menentukan nilai salah satu
variabelnya.
|
Pilihan Ganda
|
32
|
|
|||
|
2.1
|
Diberikan sistem
persamaan linear dua variabel. Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaiannya
|
Pilihan Ganda
|
33
|
|
|||
|
2.1
|
Diberikan sistem
persamaan linear dua variabel. Siswa dapat menentukan nilai dari bentuk
persamaan linear yang lain.
|
Pilihan Ganda
|
34
|
|
|||
|
Membuat model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel
|
2.2
|
Diberikan permasalahan
dua bilangan yang diketahui jumlah dan selisihnya. Siswa dapat menentukan bentuk SPLDV
|
Pilihan Ganda
|
35
|
|
||
|
|
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel dan penafsirannya
|
2.3
|
Dberikan permasalahan
suatu persegi yang diktehaui keliling dan salah satu ukuran yang dinyatakan
dengan ukuran yang lain. Siswa dapat menentukan luas persegi panjang tersebut
|
Pilihan Ganda
|
36
|
|
|
|
2.3
|
Diberikan permasalahan harga dua jenis tiket pertunjukan kelas biasa dan VIP. Siswa dapat menentukan masing-masing jumlah tiket yang terjual
|
Pilihan Ganda
|
37
|
|
|||
|
2.3
|
Diberikan permasalahan
harga sepasang sandal dan
sepasang sepatul. Siswa dapat menentukan masing-masing harga sandal dan sepatu tersebut
Diberikan permasalahan
harga buku dan pensil. Siswa dapat menentukan masing-masing harga buku dan
pensil
|
Pilihan Ganda
Pilihan
Ganda
|
38
39
|
|
|||
|
2.3
|
Diberikan permasalah
umur dua orang anak, jumlah
umur mereka beberapa tahun yang
akan datang diketahui. Siswa dapat menghitung selisih umur mereka
|
Pilihan Ganda
|
40
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar