KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas VII
Semester 1
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (Siswa dapat:)
|
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran
pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan
pengertian suhu dan pengukurannya
1.3 Melakukan pengukuran
dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.
Mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian
mengelompokkan dalam
besaran pokok dan turunan
2.
Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
3.
Mengkonversi
satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
4.
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
5.
Membuat
termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
6.
Membandingkan
skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain
7.
Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik
dan benar
8.
Memperhatikan
dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
|
2.
Memahami klasifikasi
zat
|
2.1 Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan
indikator yang tepat
2.2 Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana
2.4 Membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
1.
Mengidentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan
menggunakan indikator yang sesuai
2.
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar
berdasarkan konsep asam, basa dan garam
3.
Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
4.
Menuliskan nama dan lambang unsur
5.
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
6.
Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
7.
Membandingkan
sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
8.
Mengelompokkan zat-zat
kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.
Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud
zat melalui penalaran
2.
Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
3.
Mengkaitkan
peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
4.
Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
5.
Menunjukkan
prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
6.
Menunjukkan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda,
perubahan wujud zat
7.
Menyebutkan faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
8.
Menghitung banyaknya
kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
|
|
4.
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
4.1 Melaksanakan pengamatan
objek secara terencana dan sistematis
untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
4.2 Menggunakan mikroskop
dan peralatan pendukung lainnya untuk
mengamati gejala-gejala kehidupan
4.3 Menerapkan keselamatan
kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
1.
Menyebutkan
beberapa contoh dari gejala alam biotik.
2.
Menyebutkan
beberapa contoh dari gejala alam abiotik.
3.
Menunjukkan
nama dan
fungsi bagian-bagian mikroskop.
4.
Menggunakan
mikroskop dengan benar.
5.
Mengetahui
peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
6.
Menjelaskan
cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam
laboratorium.
7.
Mengidentifikasi
simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
8.
Menjelaskan
arti simbol-simbol dalam bahan kimia.
|
|
5.
Memahami keanekaragaman
makhluk hidup
|
5.1
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
5.2
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri
yang dimiliki
|
1.
Menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup
2.
Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
3.
Menunjukkan perbedaan tumbuhan dan
hewan
4.
Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk
hidup
5.
Mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan kunci
dikotomi
6.
Menggunakan metode penamaan
ilmiah dengan benar
7.
Menunjukkan ciri-ciri khusus
pada klasifikasi 5 kingdom menurut Whitthaker
8.
Membuat
klasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar