KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
MUSYAWARAH KERJA
KEPALA SEKOLAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris Jumlah Soal : 50 items
Kelas/
Semester :
VIII/1
Bentu Soal : Pilihan Ganda
Kurikulum : 2006
Alokasi Waktu : 120 menit
Disusun : Tim MGMP Bahasa
Inggris
|
NO
|
SK/ KD
|
JENIS TEKS/TEMA
|
KOMPETENSI YANG DIUJI
|
KOMPETENSI/INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
1
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks
fungsional maupun esai sederhana
berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
|
Announcement
1.
Di sekolah
|
1.
Menentukan gambaran umum announcement di sekolah
|
Disajikan sebuah
teks announcement di sekolah, siswa
dapat gambaran umum teks tersebut
dengan tepat
|
1
|
|
2.
Menentukan informasi tertentu announcement di sekolah
|
Disajikan sebuah
teks announcement di sekolah, siswa
dapat informasi tertentu teks
tersebut dengan tepat
|
2
|
|||
|
Announcement
1.
Di tempat umum
|
1.
Menentukan gmabaran umum sebuah pengumuman di tempat
umum
|
Disajikan sebuah
teks announcement di tempat umum, siswa dapat menentukan gambran umum teks tersebut dengan tepat.
|
3
|
||
|
2. Menentukan
informasi tertentu dari sebuah pengumuman di tempat umum
|
Disajikan sebuah teks announcement di
tempat umum, siswa dapat menentukan informasi
tertentut dalam teks tersebut
dengan tepat.
|
4
|
|||
|
2.
Di tempat rekreasi
|
1.
Menentukan informasi tersirat dari teks pengumuman di
tempat rekreasi
|
Disajikan sebuah
teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
5
|
||
|
2.
Menentuakan makna kata yang terdapat dalam teks
pengumuman di tempat rekreasi
|
Disajikan sebuah
teks announcement di tempat rekreasi, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
6
|
|||
|
Time
table
1.
Jadwal kedatangan & keberangkatan pesawat
|
1.
Menentukan informasi tertentu dalam teks berbetnuk Jadwal
|
Disajikan sebuah
teks fungsional bebentuk schedule transportasii, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat
dalam teks tersebut dengan tepat..
|
7
|
||
|
2.
Menentukan makna kata dalam teks berbentuk jadwal
|
Dsajikan sebuah
teks fungsional berbentuk schedule transportasi, siswa dapat menentukan makna salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
8
|
|||
|
2.
Jadwal Konser
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif teks berbentuk jadwal
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk jadwal konser, siswa dapat menentukan tujuan teks dari teks tersebut dengan tepat.
|
9
|
||
|
2.
Menentukan makna kata dalam tek berbentuk jadwal
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk jadwal konser, siswa dapat menentukan makna salah satu kata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
10
|
|||
|
Invitation
1.
Rapat Sekolah
|
1.
Menentukan informasi tertentu dalam teks invitation
ttg rapat sekolah
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk Invitation terkait dengan rapat sekolah, siswa
dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
11
|
||
|
2.
Menentukan gambaran umum dari teks invitation ttg
rapat sekolah
|
Disajikan sebuah teks fungsional berbentuk
Invitation terkait dengan rapat sekolah, siswa dapat menentukan gambaran umum yang terdapat dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
12
|
|||
|
|
3.
Menentukan makna kata dari teks invitation ttg rapat
sekolah
|
Disajikan sebuah teks fungsional berbentuk
Invitation terkait dengan rapat sekolah, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
13
|
||
|
4.
Kelahiran bayi
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif dari teks invitation ttg
acara kelakiran bayi
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk Invitation terkait dengan kelahiran bayi siswa
dapat menentukan tujuan komunikatif
teks dari teks tersebut dengan tepat.
|
14
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat dalam teks invitation
terkait acara kelahiran bayi
|
Disajikan sebuah teks fungsional berbentuk
Invitation terkait dengan kelahiran bayi siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
15
|
|||
|
Short
Message
1. Apology
2.
Expressing sympathy
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif dari teks pesan singkat
terkait dg apology
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk pesan singkat tentang apology, siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif teks
dari teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat dari pesan singkat
terkait dengan opology
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk pesan singkat tentang apology, siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari
teks tersebut dengan tepat.
|
17
|
|||
|
1.
Menentukan tujuan gambaran umum teks dari pesan
singkat ttg requesting actions
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk pesan singkatmterkait dengan requetiong Cations,
siswa dapat menentukan gambaran umum
teks tersebut dengan tepat.
|
18
|
|||
|
2.
Menentukan rujukan kata dalam teks pesan singkat ttg
expressing sympathy
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk pesan singkat terkait dengan expressing symphaty,
siswa dapat menentukan rujukan kata dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
19
|
|||
|
Advertisement
1.
Hotel
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif teks dari iklan ttg
hotel
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk iklan tentang hotel, siswa dapat menentukan tujuan komunikatif teks tersebut
dengan tepat
|
20
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat dari teks berbentuk
iklan ttg hotel
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk iklan tentang hotel, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut
dengan tepat
|
21
|
|||
|
2.
Produk makanan
|
1.
Menentukan informasi tertentu dalam teks iklan ttg
produk makanan
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk iklan tentang product makanan, siswa dapat
menentukan informasi tertentu dari
teks tersebut dengan tepat
|
22
|
||
|
2.
Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks iklan
ttg produk makanan
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk iklan tentang product makanan, siswa dapat
menentukan informasi tersirat dari
teks tersebut dengan tepat
|
23
|
|||
|
Letter
2. Konfirmasi tentang
sesuatu
|
1.
Menentukan informasi rinci dari teks surat ttg konfirmasi sesuatu
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat tentang mengkofirmasi sesuatu, siswa dapat menentukan informasi rinci dari teks tersebut dengan tepat
|
24
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu dalam tek surat ttg
konfirmasi sesuatu
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat tentang mengkofirmasi sesuatu, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
25
|
|||
|
3.
Menentukan rujukan kata dalam tek surat ttg konfirmasi
sesuatu
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat tentang mengkofirmasi sesuatu, siswa dapat menentukan rujukan salah satu kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
26
|
|||
|
|
LETTER
3.
Ucapan bela sungkawa
|
1.
Menentukan informasi
tertentu dalam teks surat ttg ucapan bela sungkawa
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat terkait dg ucapan belasungkawa, siswa dapat
menentukan informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat
|
27
|
|
|
2.
Menentukan informasi
rinci dalam teks surat ttg ucapan bela sungkawa
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat terkait dg ucapan belasungkawa, siswa dapat
menentukan informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat
|
28
|
|||
|
3.
Menentukan makna
kata dalam teks surat ttg ucapan bela sungkawa
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat terkait dg, ucapan belasungkawa, siswa dapat
menentukan makna kata terdapat
dalam salah satu paragraph dari teks tersebut dengan tepat.
|
29
|
|||
|
4.
Menentukan rujukan
kata dalam teks surat ttg ucapan bela sungkawa
|
Disajikan sebuah
teks fungsional berbentuk surat terkait dg, ucapan belasungkawa, siswa dapat
menentukan rujukan kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
30
|
|||
|
Recount
1.
Biography
|
1.
Menentukan informasi
tertentu dalam teks recount ttg biografi sesorang
|
Disajikan sebuah
teks recount terkait dengan biografi seseorang, siswa dapat menentukan informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat
|
31
|
||
|
2.
Menentukan pokok
pikiran paragraph dalam teks recount ttg biografi sesorang
|
Disajikan sebuah
teks recount terkait dengan biografi seseorang, siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf dalam teks tersebut dengan tepat
|
32
|
|||
|
3.
Menentukan informasi
rinci dalam teks recount ttg biografi sesorang
|
Disajikan sebuah
teks recount terkait dengan biografi seseorang, siswa dapat menentukan informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat
|
33
|
|||
|
2.
Pengalaman diri sendiri
|
1.
Menentukan informasi
rinci dalam sebuah teks recount ttg pengalaman diri sendiri
|
Disajikan sebuah
teks recount tentang pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat
|
34
|
||
|
2.
Menentukan rujukan
kata dalam sebuah teks recount ttg pengalaman diri sendiri
|
Disajikan sebuah
teks recount tentang pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
35
|
|||
|
3.
Menentukan informasi
tersirat dalam sebuah teks recount ttg pengalaman diri sendiri
|
Disajikan sebuah
teks recount tentang pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat
|
36
|
|||
|
Descriptive
1.
Tempat
|
1.
Menentukan pikiran
utama paragraph dalam teks descriptive tentang tempat
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
tempat, siswa dapat menentukan pikiran
utama dari salah paragraph dalam teks tersebut dengan tepat.
|
37
|
||
|
2.
Menentukan informasi
rinci dalam teks descriptive tentang tempat
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
tempat,, siswa dapat menentukan informasi
rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
38
|
|||
|
3.
Menentukan gambaran
umum dalam teks descriptive tentang tempat
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
tempat, siswa dapat menentukan gambaran
umum dari teks tersebut dengan
tepat
|
39
|
|||
|
4.
Menentukan makna
kata dalam teks descriptive tempat
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
tempat, siswa dapat menentukan makna
kata terdapat dalam salah satu
paragraph dari teks tersebut dengan tepat.
|
40
|
|||
|
2. Orang terkenal (
artist )
|
1.
Menentukan informasi
tertentu dalam teks descriptive tentang artist
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
artist, siswa dapat menentukan informasi
tertentu dari teks tersebut dengan tepat.
|
41
|
||
|
2.
Menentukan tujuan
komunikatif teks descriptive tentang artist
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
artist, siswa dapat menentukan tujuan
komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
42
|
|||
|
3.
Menentukan informasi
rinci dalam teks descriptive tentang artist
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang
artist, siswa dapat menentukan informasi
rinci yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
43
|
|||
|
2
|
WRITING
(Menulis)
Mengungkapkan makna dalam wacana tertulis pendek baik teks
fungsional maupun esai sederhana
berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
|
JUMBLED
WORDS
(
Past Tense)
|
Menyusun
kata acak menjadi kalimat bermakna
|
Diberikan seperangkat kata yang disusun
secara acak dari sebuah kalimat, siswa dapat menyusunnnya kembali menjadi
sebuah kalimat yang bermakna.
|
44
|
|
Teks
Rumpang Recount
|
Melengkapi
teks recount rumpang
dengan
kata ganti orang
|
Disajikan sebuah teks recount rumpang,
siswa dapat menentukan kata ganti
orang yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
|
45
|
||
|
Melengkapi
teks recount rumpang
dengan
kata kerja
|
Disajikan sebuah teks recount rumpang,
siswa dapat menentukan kata kerja yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut.
|
46
|
|||
|
Melengkapi
teks recount rumpang
dengan
kata benda
|
Disajikan sebuah teks recount rumpang,
siswa dapat menentukan kata benda yang
tepat untuk melengkapi teks tersebut.
|
47
|
|||
|
Teks
Descriptive
|
Melengkapi
teks descriptive rumpang
Dengan
kata benda
|
Disajikan sebuah teks descriptive rumpang,
siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut.
|
48
|
||
|
Melengkapi
teks descriptive rumpang
Dengan
kata keterangan
|
Disajikan sebuah teks descriptive rumpang,
siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut.
|
49
|
|||
|
JUMBLED
SENTENCES
(Recount
)
|
Menyusun
kalimat acak menjadi teks recount
|
Disajikan seperangkat kalimat yang disusun
secara acak dari sebuah teks recount, siswa dapat menyusunnya kembali kalimat
acak tersebut menjadi sebuah teks recount yang padu.
|
50
|
|
No
|
Kompetensi
|
Jml soal
|
|
1
|
Gambaran umum
|
5
|
|
2
|
Tujuan komunikatif teks
|
5
|
|
3
|
Pokok pikiran utama
|
2
|
|
4
|
Informasi tertentu
|
9
|
|
5
|
Informasi rinci
|
6
|
|
6
|
Informasi tersirat
|
6
|
|
7
|
Makna kata
|
6
|
|
8
|
Rujukan kata
|
4
|
|
9
|
Moral Value
|
|
|
10
|
Jumble word
|
1
|
|
11
|
Teks Recount rumpang
|
3
|
|
12
|
Teks Descriptive rumpang
|
2
|
|
13
|
Jumbled sentences (Recount)
|
1
|
|
|
JUMLAH SOAL
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar