Senin, 31 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal PAKris Kelas 8

Kisi-kisi Soal PAKris Kelas 8



KISI-KISI SOAL UlANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TINGKAT SMP
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Jenis Sekolah             : SMP
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Kristen
Kelas                           : VIII
Alokasi Waktu           : 90 menit


No
Standar kompetensi
Kelulusan
Kemampuan yang diuji
Indikator
No Soal
1
Hidup bersyukur dalam segala situasi.

Menjelaskan arti bersyukur
Disajikan pernyataan tentang bersyukur peserta didik dapat menjelaskan mengenai  bersyukur

1-2
Menyebutkan alasan bersyukur
Disajikan pernyataan tentang alasan bersyukur, peserta didik dapat menyebutkan mengapa kita harus  bersyukur

3-4
Menjelaskan makna bersyukur
Disajikan pernyataan tentang makna bersyukur, peserta didik dapat menjelaskan makna bersyukur

5-6
Menganalisa sikap bersyukur, dalam contoh Alkitab
Disajikan pernyataan tentang contoh bersyukur dalam Alkitab, peserta didik dapat menyebutkan tokoh Alkitab yang mewujudkan syukur pada Allah walau menderita
7-8
Mewujudkan rasa syukur



Disajikan pernyataan tentang mewujudkan rasa syukur, peserta didik dapat  menyebutkan wujud rasa syukur  kepada Tuhan
9-10
Menjelaskan pengertian kelebihan

Disajikan pernyataan tentang pengertian kelebihan diri, peserta  didik dapat menjelaskan tentang kelebihan dirinya
11-12
Mampu mengenali kelebihan orang lain

Disajikan pernyataan tentang kelebihan orang lain, peserta didik dapat menyebutkan sikap yang benar tentang menghargai kelebihan orang lain
13-14
Mampu mengenali kekurangan dan kelebihan diri


Disajikan pernyataan tentang pengenalan kelebihan dan kekurangan diri, peserta didik dapat menyebutkan kelebihan dan kekurangan dirinya sebagai hal yang harus dipahamai sebagai anugerah Allah
15-16
Menganalisa sikap orang Samaria yang mampu mewujudkan  hidup bersyukur.
Disajikan pernyataan ayat dalam Alkitab, peserta didik dapat menyebutkan ayat Alkitab tentang kisah orang Samaria yang baik hati
17-18
Mewujudkan rasa syukur, memanfaatkan kelebihan untuk menolong sesama dan untuk kemuliaan Tuhan.
Disajikan pernyataan tentang memanfaatkan kelebihan untuk menolong sesama dan untuk kemuliaan Tuhan, peserta didik dapat menyebutkan tentang kelebihan yang dapat dipakai untuk memuliakan Tuhan
19






















1.2.      Mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan





Menjelaskan pengertian tanggung jawab


Disajikan pernyataan tentang tanggungjawab, peserta didik dapat menjelaskan pengertian tanggungjawab

20-21


Menyebutkan alasan kita bertanggung jawab




Menyebutkan jenis-jenis tanggung jawab

Disajikan pernyataan tentang alasan kita bertanggung jawab , peserta didik dapat menyebutkan alasan  bertanggung jawab

Disajikan pernyataan tentang tanggungjawab, peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis  tanggungjawab
22-23




24

Membuat analisa tentang  godaan untuk lari dari tanggung jawab.


Disajikan pernyataan tentang godaan lari dari tanggung jawab peserta didik dapat menyebutkan contoh lari dari tanggungjawab

25
Menyebutkan tujuan melatih diri bertanggung jawab
Disajikan pernyataan tentang melatih diri bertanggung jawab peserta didik dapat menyebutkan tujuan melatih diri bertanggung jawab.
26




Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. 
Disajikan pernyataan tentang Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.   peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. 
27-28



Menjelaskan pengertian beriman menurut tek Alkitab

Disajikan pernyataan tentang  bentuk tantangan pengertian beriman menurut tek Alkitab, peserta didik dapat menjelaskan pengertian beriman menurut tek Alkitab
29-30
Menjelaskan essensi dan hakekat beriman

Disajikan pernyataan essensi dan hakekat beriman peserta didik dapat menyebutkan contoh
 essensi dan hakekat beriman
31-32
Menyebutkan contoh hidup orang beriman.



Mewujudkan hidup beriman




Menjelaskan pengertian pengharapan



Menyebutkan contoh-contoh pengharapan. Dalam Alkitab





Membuat analisa ttg  “Bapa orang beriman Kej. 12: 1-10”.
.

Disajikan pernyataan tentang contoh hidup orang beriman , peserta didik dapat menyebutkan contoh hidup orang beriman.
.
Disajikan pernyataan tentang wujud hidup beriman peserta didik dapat menyebutkan contoh hidup orang beriman.

Disajikan pernyataan tentang pengertian pengharapan peserta didik dapat menyebutkan pengertian pengharapan


Disajikan pernyataan tentang contoh-contoh pengharapan. peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh pengharapan dalam Alkitab


Disajikan pernyataan tentang analisa ttg  “Bapa orang beriman Kej. 12: 1-10”. peserta didik dapat menyebutkan Bapa orang beriman Kej. 12: 1-10”.
.

33-34




35



36-37



38-39





40



Menjelaskan hubungan iman dan pengharapan





Menyebutkan contoh hidup orang beriman.dalam PL dan PB.



Membuat perbandingan hidup org beriman PL dengan PB.




Mewujudkan hidup beriman dan berpengaharapan


Disajikan pernyataan tentang hubungan iman dan pengharapan, peserta didik dapat menjelaskan hubungan iman dan pengharapan


Disajikan pernyataan tentang contoh hidup orang beriman.dalam PL dan PB., peserta didik dapat menyebutkan contoh hidup orang beriman.dalam PL dan PB.

 Disajikan pernyataan tentang perbandingan hidup org beriman PL dengan PB., peserta didik dapat menjelaskan perbandingan hidup org beriman PL dengan PB.

Disajikan pernyataan tentang mewujudkan hidup beriman dan berpengaharapan, peserta didik dapat menjelaskan wujud hidup beriman dan berpengaharapan

41-43





44




45





46-47
Menyebutkan perbuatan yang mencerminkan orang beriman.




Menyebutkan ciri-ciri karakter orang yang beriman yang tampak dari sikap hidupnya.





Mewujudkan hidup berpengharapan

Disajikan pernyataan tentang perbuatan yang mencerminkan orang beriman., peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk dari perbuatan yang mencerminkan orang beriman.

Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri karakter orang yang beriman yang tampak dari sikap hidupnya, peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri-ciri karakter orang yang beriman yang tampak dari sikap hidupnya.

Disajikan pernyataan tentang wujud hidup berpengharapan., peserta didik dapat menyebutkan salah satu bentuk dari wujud hidup berpengharapan
48





49






50





Tidak ada komentar:

Posting Komentar