KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Jenis Pendidikan :
Pendidikan Dasar Kurikulum
Acuan : KTSP (SI 2006)
Satuan Pendidikan :
SMP Alokasi
Waktu : 90 menit
Kelas/Semester : IX/1 Jumlah
soal : 50 soal
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam Bentuk
soal : Pilihan ganda 50
|
No.
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Bhn
kls/ sm
|
Materi Pokok |
Jml
Soal
|
Indikator
|
No.
Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
1
|
Memahami Ajaran Al-Qur’an Surat At-Tiin
|
1.1 Membca QS At Tin dengan tartil
1.2. Menyebutkan arti QS At tin
1.3 Menjelaskan makna Qs.
At Tin
|
IX/1
|
Q.S At Tiin
|
7
|
l Siswa mampu menjelaskan maksut/makna/kandungan dari masing-masing ayat
dalam QS. At Tin
l Siswa mampu mengartikan
potongan ayat QS. At Tin
l Disedaiakan ayat, siswa dapat menyebutkan urutan ayat
dalam QS. At Tin
l Siswa mampu menjelaskan
kedudukan QS. At Tin dalam Al Qur’an
l Disediakan potongan ayat, siswa dapat mengartikan ayat tersebut
|
1
2, 4
3
5
6
7
|
|
2
|
Memahami ajaran Hadis
tentang menuntut ilmu
|
2.1.Siswa
dapat menjelaskan makna menuntut ilmu seperti yang terkandung dalam Hadis
2.2.Menyebutkan
arti Hadits tentang menuntut Ilmu.
|
IX/1
|
Dalil
tentang menuntut Ilmu
|
7
|
l Siswa dapat menjelaskan dan membedakan
hukum-hukum menuntut ilmu
l Disediakan potongan
hadits tentang menuntut ilmu, siswa mampu melanjutkan
l Siswa mampu menjelaskan
istilah yang berkaitan dengan hadits
l Disediakan potongan
hadits tentang menuntut ilmu, siswa mampu mengartikan
l Disediakan
cerita/ilustrasi berkaitan dengan menuntut ilmu, siswa dapat menyimpulkan
l Disedaiakan hadits tentang menuntut ilmu, siswa dapat melengkapinya
l Siswa mampu menjelaskan
manfaat ilmu pengetahuan
|
8
9
10
11
12
15
13
14
|
|
3
|
Menerapkan aqidah Islam
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1.Menjelaskan
pengertian beriman kepada Hari Akhir
3.2.
Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan
hari Akhir
4.3.
Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan
kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan
Al-Hadits
|
IX/1
|
Iman kepada Hari Akhir
|
7
|
l
Siswa dapat menjelaskan
definisi kiamat/hari
akhir
l
Siswa dapat menjelaskan
definisi kiamat
kubra dan sughra
l
Siswa dapat mengartikan
dalil tentang kepastian
hari kiamat
l
Siswa dapat menjelaskan
hal-hal yang berhubungan dengan hari akhir
l
Siswa dapat menjelaskan nama-nama
lain hari akhir
l
Siswa dapat menyebutkan
tanda-tanda datangnya hari akhir
l
Siswa dapat menjelaskan hikmah/fungsi
iman pada hari akhir
|
16
17
18
19
20
21
22
|
|
4
|
Membiasakan perilaku
terpuji
|
4.1.Menjelaskan
pengertian
qana’ah dan tasamuh
4.2.
Menampilkan contoh perilaku
qana’ah dan tasamuh
|
IX/1
|
Qana’ah dan tasamuh
|
8
|
l Siswa dapat menjelaskan kedudukan perilaku terpuji dalam
islam(syari’at)
l Siswa dapat menjelaskan definisi qana’ah
l Siswa dapat menjelaskan hakekat musibah
l Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki sifat qana’ah
l Siswa dapat menunjukkan sikap toleransi dalam kehidupan
l Siswa dapat
menunjukkan dalil tentang tasamuh
l Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang perilaku terpuji
l Siswa dapat menjelaskan fungsi tasamuh
|
23
24
25
26
27
28
29
30
|
|
5
|
Siswa memahami dan
menghayati ajaran Islam tentang udhiyah serta mampu mempedomaninya
|
5.1.Mengetahui
tatacara penyembelihan hewan
5.2.Ketentuan
Aqiqoh dan Qurban.
5.3.Ketentuan cara menyembelih hewan Aqiqoh dan Qurban
|
IX/1
|
13.1 Udhiyah.
13.1.1 Qurban
13.1.2 Aqiqah
|
6
|
l Siswa dapat menjelaskan ketentuan
penyembelihan hewan
l Siswa dapat menjelaskan
ketentuan kurban
l Siswa dapat menjelaskan kisah berkaitan latar belakang diwajibkannya
kurban
l Siswa dapat menjelaskan
fungsi kurban
l Siswa dapat
menjelaskan perbedaan kurban dan akikah
l Siswa dapat menunjukkan dalil akikah atau kurban
|
31
32
33
34
35
36
|
|
6
|
Memahami Hukum Islam Tentang
Haji Dan Umroh
|
6.1. Menyebutkan pengertian dan
ketentuan Haji dan Umroh.
6.2.
Manasik & perjalanan ibadah
Haji dan Umroh
|
IX/1
|
6.1 Ibadah Haji dan
Umrah
6.1.1 Ketentuan Haji
6.1.2 Ketentuan Umrah
|
9
|
l Siswa dapat menyebutkan hukum
melaksanakan haji
l Siswa dapat menyebutkan rukun haji
l Siswa dapat menyebutakan istilah pelaksanaan
ibadah haji
l Siswa dapat menjelaskan dalil tentang ibadah haji
l Siswa dapat menyebutkan larangan ibadah haji
l Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri haji mabrur
l Siswa dapat menjelaskan cara pelaksanaan ibadah haji
l Siswa dapat menjelaskan istilah berkaitan dengan ibadah haji
|
37
38
39
40
41
42
43
44
|
|
7
|
Memahami sejarah
perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan sosial dan pengajaran
7.2.Menceritalan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi
|
|
7.1.Perkembangan Islam Di Nusantara
|
5
|
l Siswa dapat menjelaskan proses penyebaran islam di Nusantara
l Siswa dapat menyebutkan raja-raja Mataram islam
l Siswa dapat menjelaskan tentang kerajaan islam di Sulawesi
l Siswa dapat menyebutkan sarana dakwah yang digunakan para wali
l Siswa dapat menunjukkan faktor islam mudah diterima di
Nusantara
l Siswa dapat menyebutkan julukan seorang pahlawan dari Sulawesi
|
45
46
47
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar