Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 7

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 7



KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMP KABUPATEN GUNUNGKIDUL
KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jenis Sekolah             : SMP  
Jumlah Soal               : 50 butir
Mata Pelajaran          : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL   
Bentuk Soal/test        : Pilihan Ganda
Kurikulum                 : KTSP      
                                                                                                                                                                      



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
1.1. Mendiskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Tenaga endogen dan eksogen
  1. Siswa dapat mengidentifikasi suatu peristiwa yang disebabkan oleh tenaga eksogen
1


  1. Siswa dapat mengklasifikasi tenaga endogen
2


Gejala diastropisme dan vulkanisme
  1. Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan jenis patahan
3


  1. Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan kenampakan batolit
4


  1. Siswa dapat mengidendifikasi tipe gunung api
5


Pelapukan
  1. Siswa dapat mengidentifikasi jenis pelapukan
6


Erosi
  1. Siswa dapat mengidentifikasi daerah hasil bentukan erosi
7


Sedimentasi
  1. Siswa dapat menyebutkan hasil sedimentasi yang disebabkan oleh tenaga erosi organisme
8



  1. Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi kenampakan alam hasil sedimentasi oleh angin
9
2. Memahami kehidupan sosial manusia
2.1 Mendeskripsikan interaksi sosial sebagai proses sosial
Dampak positif, negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya
  1. Siswa dapat menyebutkan dampak negatif dari tenaga eksogen
10

2.2. Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
Interaksi sosial
  1. Siswa dapat menjelaskan syarat terjadinya interaksi sosial
11


  1. Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi terjadinya proses interaksi sosial
12

2.3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Sosialisasi sebagai pembentukan kepribadian
  1. Siswa dapat menjelaskan hubungan sosialiasi primer dan sekunder
13


  1. Siswa dapat mengklasifikasi sosialisasi primer
14


  1. Siswa dapat mengidentifikasi faktor pembentukan kepribadian
15
Bentuk-bentuk interaksi sosial
  1. Siswa dapat mengidentifikasi salah satu bentuk akomodasi
16
  1. Siswa dapat menyebutkan proses dissosiatif
17


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal

No Soal
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara

Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.

Peninggalan –peninggalan kebudayaan.










Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian praaksara
  2. Siswa dapat mengidendifikasi pengertian artefak
  3. Siswa dapat mengidendifikasi jenis manusia  tertua diIndonesia
  4. Siswa dapat mengidendifikasi jenis manusia di Trinil,  Bengawan Solo
  5. Siswa dapat mengidendifikasi manusia purba Homo Soloensis
  6. Siswa dapat mengidendifikasi pengertian food gathering
  7. Siswa dapat menjelaskan cara hidup berpindah pindah yang dilakukan manusia purba
  8. Siswa dapat mengidendifikasi ciri alat alat pada zaman batu tua
  9. Siswa dapat menjelaskan tentang dapur sampah
  10. Siswa dapat mengidendifikasi alat kepercayaan pada zaman megalitikum
  11. Siswa dapat mengidendifikasi manusia purba pada masa bercocok tanam
  12. Siswa dapat menyebutkan ciri manusia purba pada masa perundagian
  13. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan  hasil kebudayaan pada zaman megalitikum
  14. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan hasil kebudayaan pada zaman logam
  15. Siswa dapat menjelaskan tentang  animisme
  16. Siswa dapat mengidendifikasi alat transpotasi asal mula nenek moyang bangsa Indonesia.
  17. Siswa dapat mengidendifikasi asal nenek moyang bangsa Indonesia
18
19
20

21

22
23
24

25

26
27

28

29

30

31

32

33

34










Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal

No Soal
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
3.1.  Mendeskripsikan  manusia sebagai
Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. yang bermoral
  1. Disajikan suatu narasi siswa dapat menunjukkan hakekat manusia sebagai makhluk sosial/ekonomi
35

     makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan






  1. Siswa dapat menentukan dengan tepat ciri manusia sebagai makhluk sosial
36



  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian manusia sebagai makluk ekonomi
37



  1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral
38



  1. Siswa dapat menentukan contoh dengan tepat makhluk ekonomi yang rasional/irrasional
39



  1. Siswa dapat menentukan dengan tepat contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial dengan benar
40

3.2.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Tindakan ekonomi
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian tindakan ekonomi
41
    


  1. Siswa dapat menentukan dengan tepat  tindakan ekono mi manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam
42



  1. Disajikan contoh tindakan ekonomi  siswa dapat menen tukan tindakan ekonomi
43


Prinsip ekonomi
  1. Siswa dapat menunjukkan pengertian prinsip ekonomi dengan benar di Indonesia
44



  1. Siswa dapat mengidentifikasi penerapan prinsip ekonomi untuk memenuhi kebutuhan
45



  1. Siswa dapat menunjukkan dengan benar prinsip ekonomi produsen
46



  1. Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi prinsip ekonomi
47



  1. Siswa dapat mnjelaskan penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
48


Motif ekonomi
  1. Siswa dapat menunjukkan contoh dengan benar penerapan motif ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
49



  1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam motif ekonomi
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar