KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
1 (UAS 1) MAPEL IPA
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH
(MKKS) KABUPATEN GUNUNGKIDUL
TAHUN AJARAN 2016/2017
Kelas : VIII (Delapan)
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Jumlah Soal : 40 soal
Alokasi Waktu : 120 menit
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Soal
|
|
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
dan perkembangan makhluk hidup
|
Siswa
mendeskripsikan dengan tepat pertumbuhan dan perkembangan manusia
|
|
|
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan
pada makhluk hidup
|
Siswa
mengidentifikasi jenis hormon tertumbuhan berdasarkan fungsinya
|
2.
|
||
|
1.2 Mendeskripsikan
tahapan perkembangan manusia
|
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari
bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan ciri yang tepat dari salah satu tahapan
perkembangan manusia
|
3.
|
|
|
Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan
perkembangan manusia
|
Siswa
mengidentifikasi hormon yang berpengaruh pada perkembangan manusia
|
4.
|
||
|
1.3 Mendes-kripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Membandingkan
macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
|
Siswa
mengidentifikasi perbedaan jenis tulang dan atau otot manusia
|
5.
|
|
|
Membedakan
fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka
tubuh
|
Siswa
mengidentifikasi fungsi yang tepat pada tulang, otot dan sendi
|
6.
|
||
|
Mengidentifikasi
macam sendi dan fungsinya
|
Disajikan
gambar model sendi, siswa mengidentifikasi jenis sendi yang tepat dari sistem
gerak manusia
|
7.
|
||
|
Mendata
contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Siswa
menyebutkan ciri yang tepat dari kelainan dan penyakit pada tulang dan otot
manusia
|
8.
|
||
|
1.4
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Membedakan antara
saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan
pada manusia
|
Siswa
mengidentifikasi alat pencernaan berdasarkan letak dan atau fungsinya
|
9.
|
|
|
Mendeskripsikan
jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
|
Disajikan
bermacam jenis makanan, siswa mengelompokkan makanan berdasarkan kandungan
zat yang ada didalamnya
|
10.
|
||
|
Membandingkan
pencernaan mekanik dan kimiawi,
|
Disajikan
pernyataan, siswa mengidentifikasi macam alat pencernaan yang spesifik
melakukan proses pencernaan tertentu
|
11.
|
||
|
Menyebutkan
contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Siswa
mengidentifikasi upaya yang tepat menanggulangi kelainan dan penyakit pada
system pencernaan manusia
|
12.
|
||
|
1.5
Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
|
Membandingkan macam organ penyusun sistem
pernapasan pada manusia
|
Disajikan
gambar, siswa mengidentifikasi nama organ system pernapasan
|
13.
|
|
|
Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada
proses pernapasan
|
Disajikan
pernyataan, siswa mengidentifikasi perbedaan dalam system pernapasan manusia
|
|
||
|
Mendata contoh
kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan jenis kelainan dan pernyakit pada organ
pernapasan manusia
|
15.
|
||
|
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan
|
Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah
dan darah dalam sistem peredaran darah
|
Disajikan
gambar, siswa menyebutkan fungsi yang tepat dari organ dan atau darah dalam
system peredaran darah
|
16.
|
|
|
Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan
sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan jenis penyakit dalam system peredaran darah
|
17.
|
||
|
5. Memahami peranan usaha,
gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1.
Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
|
Melukiskan penjumlahan gaya
dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
|
Disajikan
gambar, siswa menentukan resultan gaya yang tepat berdasarkan kategorinya
|
18.
|
|
Membedakan besar gaya gesekan
pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda
yang licin, agak kasar, dan kasar
|
Disajikan
pernyataan terkait penerapan gaya gesek, siswa menentukan kesimpulan yang
tepat dari pernyataan tersebut
|
19.
|
||
|
Menunjukkan beberapa contoh
adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
|
Disajikan
pernyataan, siswa mengelompokkan pernyataan yang tepat dari gaya gesek
|
20.
|
||
|
Membandingkan berat dan massa
suatu benda
|
Disajikan
data, siswa menentukan nilai salah satu besaran dalam rumus hubungan berat
dan massa
|
21.
|
||
|
5.2.
Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan aplikasi yang tepat dari Hukum I Newton
|
22.
|
|
|
Mendemonstrasikan hukum
II Newton dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan
data, siswa menentukan salah satu besaran yang berkaitan dengan Hukum II
Newton
|
23.
|
||
|
Mendemonstrasikan hukum
III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan kesimpulan yang tepat terkait penerapan Hukum
III Newton
|
24.
|
||
|
5.3.
Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menunjukkan bentuk-bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
Mengaplikasikan konsep energi
dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
gambar, siswa mengidentifikasi jenis energi yang tepat
|
25.
|
|
|
Membedakan konsep energi
kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
|
Disajikan
data, siswa menentukan nilai energi kinetik dan potensial dari benda yang
bergerak
|
26.
|
||
|
Mengenalkan hukum kekekalan
energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
gambar siswa mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi
|
27.
|
||
|
Menjelaskan kaitan antara
energi dan usaha
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan pernyataan yang benar terkait energi dan usaha
|
28.
|
||
|
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
data, siswa menentukan nilai dari besaran yang berkaitan dengan daya
|
29.
|
||
|
5.4.
Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menunjukkan penggunaan beberapa
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya
tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak,
bidang miring, dan roda gigi (gear)
|
Disajikan
pernyataan, siswa menentukan solusi yang tepat untuk permasalahan dalam
penggunaan pesawat sederhana
|
30.
|
|
|
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif
sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
Disajikan
data, siswa menghitung salah satu besaran yang berkaitan dengan pesawat
sederhana
|
31.
|
||
|
5.5.
Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menemukan hubungan antara
gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
|
Disajikan
data, siswa menentukan nilai besaran terkait tekanan
|
32.
|
|
|
Mengaplikasikan prinsip
bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
data, siswa menentukan besaran terkait bejana berhubungan
|
33.
|
||
|
Mendeskripsikan hukum Pascal
dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
pernyataan, siswa menyimpulkan dengan tepat terkait hukum pascal dan atau
hukum archimedes
|
34.
|
||
|
Menunjukkan beberapa produk
teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda
terapung, melayang dan tenggelam
|
Disajikan
gambar, siswa mengelompokkan peristiwa yang terkait dengan prinsip benda terapung,
melayang dan tenggelam
|
35.
|
||
|
Mengaplikasikan konsep
tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam
penyelesaian masalah sehari- hari)
|
Disajikan
data, siswa menentukan besaran yang berkaitan dengan tekanan dalam kehidupan
sehari-hari
|
36.
|
||
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
Mendefinisikan
pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
|
Disajikan pernyataan, siswa menyimpulkan secara tepat
pernyataan tentang atom, ion dan molekul
|
37.
|
|
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan
produk kimia sehari-hari
|
Menjelaskan
hubungan atom, ion dan molekul
|
Disajikan pernyataan, siswa menentukan kesimpulan yang
tepat mengenai hubungan atom, ion dan molekul
|
38.
|
|
|
Mendeskripsikan komponen
penyusun salah satu produk kimia
|
Disajikan pernyataan, siswa mengidentifikasi unsur
penyusun yang tepat dari molekul senyawa
|
39.
|
||
|
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
Menunjukkan
beberapa contoh molekul sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan data, siswa mengidentifikasi molekul unsur
dan molekul senyawa
|
40.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar