Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal IPA Kelas 8

Kisi-kisi Soal IPA Kelas 8



KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 (UAS 1) MAPEL IPA
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) KABUPATEN GUNUNGKIDUL
TAHUN  AJARAN 2016/2017

Kelas               : VIII (Delapan)
Bentuk Soal     : Pilihan Ganda
Jumlah Soal     : 40 soal
Alokasi Waktu : 120 menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Soal
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Siswa mendeskripsikan dengan tepat pertumbuhan dan perkembangan manusia
  1.  
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
Siswa mengidentifikasi jenis hormon tertumbuhan berdasarkan fungsinya
2.        
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
Disajikan pernyataan, siswa menentukan ciri yang tepat dari salah satu tahapan perkembangan manusia
3.        
Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia
Siswa mengidentifikasi hormon yang berpengaruh pada perkembangan manusia
4.        
1.3  Mendes-kripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
Siswa mengidentifikasi perbedaan jenis tulang dan atau otot manusia
5.        
Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh
Siswa mengidentifikasi fungsi yang tepat pada tulang, otot dan sendi
6.        
Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
Disajikan gambar model sendi, siswa mengidentifikasi jenis sendi yang tepat dari sistem gerak manusia
7.        
Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Siswa menyebutkan ciri yang tepat dari kelainan dan penyakit pada tulang dan otot manusia
8.        
1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan

Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
Siswa mengidentifikasi alat pencernaan berdasarkan letak dan atau fungsinya
9.        
Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
Disajikan bermacam jenis makanan, siswa mengelompokkan makanan berdasarkan kandungan zat yang ada didalamnya
10.     
Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
Disajikan pernyataan, siswa mengidentifikasi macam alat pencernaan yang spesifik melakukan proses pencernaan tertentu
11.     
Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Siswa mengidentifikasi upaya yang tepat menanggulangi kelainan dan penyakit pada system pencernaan manusia
12.     
1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
Disajikan gambar, siswa mengidentifikasi nama organ system pernapasan
13.     
Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
Disajikan pernyataan, siswa mengidentifikasi perbedaan dalam system pernapasan manusia
  1.  
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Disajikan pernyataan, siswa menentukan jenis kelainan dan pernyakit pada organ pernapasan manusia
15.     
1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
Disajikan gambar, siswa menyebutkan fungsi yang tepat dari organ dan atau darah dalam system peredaran darah
16.     
Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan, siswa menentukan jenis penyakit dalam system peredaran darah
17.     
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
5.1.       Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
Disajikan gambar, siswa menentukan resultan gaya yang tepat berdasarkan kategorinya
18.     
Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
Disajikan pernyataan terkait penerapan gaya gesek, siswa menentukan kesimpulan yang tepat dari pernyataan tersebut
19.     
Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
Disajikan pernyataan, siswa mengelompokkan pernyataan yang tepat dari gaya gesek
20.     
Membandingkan berat dan massa suatu benda
Disajikan data, siswa menentukan nilai salah satu besaran dalam rumus hubungan berat dan massa
21.     
5.2.       Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan, siswa menentukan aplikasi yang tepat dari Hukum I Newton
22.     
Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan data, siswa menentukan salah satu besaran yang berkaitan dengan Hukum II Newton
23.     
Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan, siswa menentukan kesimpulan yang tepat terkait penerapan Hukum III Newton
24.     
5.3.       Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan gambar, siswa mengidentifikasi jenis energi yang tepat
25.     
Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
Disajikan data, siswa menentukan nilai energi kinetik dan potensial dari benda yang bergerak
26.     
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan gambar siswa mengidentifikasi perubahan energi yang terjadi
27.     
Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
Disajikan pernyataan, siswa menentukan pernyataan yang benar terkait energi dan usaha
28.     
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan data, siswa menentukan nilai dari besaran yang berkaitan dengan daya
29.     
5.4.       Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menunjukkan  penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi  (gear)
Disajikan pernyataan, siswa menentukan solusi yang tepat untuk permasalahan dalam penggunaan pesawat sederhana
30.     
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
Disajikan data, siswa menghitung salah satu besaran yang berkaitan dengan pesawat sederhana
31.     
5.5.       Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
Disajikan data, siswa menentukan nilai besaran terkait tekanan
32.     
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan data, siswa menentukan besaran terkait bejana berhubungan
33.     
Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan pernyataan, siswa menyimpulkan dengan tepat terkait hukum pascal dan atau hukum archimedes
34.     
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
Disajikan gambar, siswa mengelompokkan peristiwa yang terkait dengan prinsip benda terapung, melayang dan tenggelam
35.     
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
Disajikan data, siswa menentukan besaran yang berkaitan dengan tekanan dalam kehidupan sehari-hari
36.     
3. Menjelaskan konsep partikel materi
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
Disajikan pernyataan, siswa menyimpulkan secara tepat pernyataan tentang atom, ion dan molekul
37.     
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
Disajikan pernyataan, siswa menentukan kesimpulan yang tepat mengenai hubungan atom, ion dan molekul
38.     
Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia
Disajikan pernyataan, siswa mengidentifikasi unsur penyusun yang tepat dari molekul senyawa
39.     
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
Menunjukkan beberapa contoh  molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan data, siswa mengidentifikasi molekul unsur dan molekul senyawa
40.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar