KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
MKKS SMP KABUPATEN
GUNUNGKIDUL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa nggris Jumlah Soal : 50 items
Kelas/ Semester : VII / I
Bentuk Soal : Pilihan Ganda (PG)
Kurikulum : 2006
Alokasi Waktu : 120 menit
Penyusun : Tim MGMP
|
NO
|
SK/KD
|
JENIS TEKS/Tema
|
Kompetensi yang diujikan
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
1
|
Reading
(
Membaca)
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek (misalnya pesan tertulis, daftar belanja, kartu ucapan
selamat, pengumuman) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
Caution/
Notice
1.
Di Sekolah
|
1.
Menentukan makna teks notice.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk
notice di sekolah, siswa dapat menentukan makna teks dari teks tersebut
dengan tepat.
|
1
|
|
2.
Menentukan informasi tertentu sebuah notice di
sekolah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk
notice di sekolah, siswa dapat menentukan informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
|
2
|
|||
|
2.
Di Rumah
|
1.
Menentukan makna teks notice.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk
notice di rumah, siswa dapat menentukan makna teks dari teks tersebut
dengan tepat.
|
3
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam
teks notice di rumah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk
notice di rumah, siswa dapat menentukan informasi tersirat yg terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
4
|
|||
|
Announcement
1.
Di sekolah
|
1.
Menentukan gambaran umum sebuah teks pengumuman di
sekolah.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement di sekolah, siswa dapat
menentukan gambaran umum dari teks
tersebut dengan tepat
|
5
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam
teks pengumuman di sekolah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement di sekolah, siswa dapat
menentukan informasi tertentu dari
teks tersebut dengan tepat
|
6
|
|||
|
2.
Di tempat kegiatan belajar mengajar
|
1.
Menentukan rujukan kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement terkait dengan kegiatan belajar
mengajar, siswa dapat menentukan rujukan
kata dari teks tersebut dengan tepat
|
7
|
||
|
2.
Menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat
dalam teks pengumuman di tempat kegiatan belajar mengajar
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement terkait dg kegiatan belajar
mengajar, siswa dapat menentukan informasi
rinci dalam teks tersebut dengan tepat
|
8
|
|||
|
3.
Di tempat umum (museum)
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif teks.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement di museum, siswa dapat
menentukan tujuan komunikatif teks dari
teks tersebut dengan tepat
|
9
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement di museum, siswa dapat
menentukan informasi tertentu yang
terdapat dalam teks tersebut
dengan tepat
|
10
|
|||
|
3.
Menentukan makna kata.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk announcement di museum, siswa dapat
menentukan makna kata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
11
|
|||
|
Inivitation
1.
Kegiatan di sekolah
|
1.
Menentukan informasi tertentu sebuah invitation
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation ttg kegiatan di sekolah, siswa
dapat menentukan informasi tertentu
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
12
|
||
|
2.
Menentukan makna kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation ttg kegiatan di sekolah, siswa
dapat menentukan makna kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
13
|
|||
|
|
3.
Menentukan rujukan kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation ttg kegiatan di sekolah, siswa
dapat menentukan rujukan kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
14
|
||
|
2.
Acara Ulang Tahun
|
1.
Menentukan informasi tersirat sebuah invitation
ulang tahun
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara ulang tahun, siswa dapat
menentukan informasi tersirat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
15
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu sebuah invitation
ulang tahun
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara ulang tahun, siswa dapat
menentukan informasi tertentu yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
|||
|
|
3.
Menentukan makna kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara ulang tahun, siswa dapat
menentukan makna kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
17
|
||
|
3.
Acara rapat OSIS di sekolah
|
1.
Menentukan informasi rinci sebuah invitation acara rapat.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara rapat OSIS di sekolah,
siswa dapat menentukan informasi rinci
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
18
|
||
|
2.
Menentukan makna kata dalam sebuah invitation
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara ulang tahun, siswa dapat
menentukan makna kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
19
|
|||
|
|
3.
Menentukan rujukan kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk invitation acara ulang tahun, siswa dapat
menentukan rujukan kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
20
|
||
|
Short
Message
1.
KBM di sekolah
|
1.
Menentukan informasi tertentu sebuah pesan
singkat.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message ttg keg KBM di sekolah, siswa
dapat menentukan informasi tertentu
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
21
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat sebuah teks pesan
singkat.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message ttg KBM di sekolah, siswa
dapat menentukan informasi tersirat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
22
|
|||
|
|
3.
Menentukan makna kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message ttg KBM di sekolah, siswa
dapat menentukan makna kata dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
23
|
||
|
2.
Kegiatan Ekstra di sekolah
|
1.
Menentukan rujukan kata dalam sebuah pesan singkat
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message ttg keg ekstra di sekolah,
siswa dapat menentukan rujukan kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
24
|
||
|
2.
Menentukan makna kata
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message ttg keg ekstra di sekolah,
siswa dapat menentukan makna kata
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
25
|
|||
|
3.
Di rumah
|
1.
Menentukan informasi tertentu
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message di rumah, siswa dapat
menentukan informasi tertentu yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
26
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message di rumah, siswa dapat
menentukan informasi tersirat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
27
|
|||
|
Greeting
Card
1.
Ulang tahun
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif teks greeting card
ttg ulang tahun.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards terkait dengan ulang tahun,
siswa dapat menentukan tujuan
komunikatif dari teks tersebut dengan tepat.
|
28
|
||
|
2.
Menentukan makna kata dari sebuah greeting card
ttg ulang tahun.
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards terkait dengan ulang tahun,
siswa dapat menentukan makna kata
dalam teks tersebut dengan tepat..
|
29
|
|||
|
2.
Sukses Ujian nasional
|
1.
Menentukan gambaran umum sebuah greeting card ttg kesuksesan
dalam Ujian nasional
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards terkait kesuksesan dalam
Ujian nasional, siswa dapat menentukan gambaran
umum dari teks tersebut dengan tepat.
|
30
|
||
|
2.
Menentukan informasi tertentu sebuah greeting
cards ttg kesuksesan dalam Ujian nasional
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards terkait kesuksesan dalam Ujian
nasional, siswa dapat menentukan informasi
tertentu dari teks tersebut dengan tepat.
|
31
|
|||
|
3.
Juara lomba storytelling
contest
|
1.
Menentukan tujuan komunikatif teks greeting card
ttg juara storytelling contest
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards juara storytelling contest, siswa dapat menentukan tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
32
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat dalam sebuah
greeting card ttg juara storytelling
contest
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk greeting cards juara storytelling contest, siswa dapat menentukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
33
|
|||
|
Short
Instruction
1.
Di pom bensin
|
Menentukan
makna teks sebuah short instruction di pom bensin
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short instruction di pom bensin, siswa dapat
menentukan makna teks tersebut
dengan tepat
|
34
|
||
|
Menentukan makna kata
dari sebuah instruction di pom bensin
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk instruction di pom bensin, siswa dapat
menentukan makna kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
35
|
|||
|
2.
Di Rumah
|
Menentukan rujukan
kata yang terdapat dalam teks
instruction di rumah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk instruction, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
36
|
||
|
3.
Prohibition di kebun binatang
|
Menentukan
Gambaran Umum teks prohibition di kebun binatang
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk prohibition di kebun binatang, siswa dapat
menentukan makna teks tersebut dengan tepat.
|
37
|
||
|
|
Menentukan
makna kata dalam teks prohibition di kebun binatang
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk prohibition di kebun binatang, siswa dapat
menentukan makna kata yang
terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
38
|
||
|
4.
Prohibition di kelas
|
Menentukan makna
teks prohibition di kelas
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk larangan melakukan sesuatu (prohibition) di
kelas, siswa dapat menentukan makna teks dari teks
tersebut dengan tepat.
|
39
|
||
|
|
Menentukan rujukan kata dalam teks prohibition di kelas
|
Disajikan
sebuah teks fungsional prohibition di kelas, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
40
|
||
|
Shopping
list
1.
Terkait dengan dunia sekolah
2.
Terkait bahan makanan
|
1.
Menentukan informasi tertentu dalam teks
fungsional shopping lists terkait dunia sekolah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk shopping list terkait dengan dunia sekolah,
siswa dapat menentukan informasi
tertentu yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
41
|
||
|
2.
Menentukan informasi tersirat dalam teks
fungsional shopping lists terkait dunia sekolah
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk shopping list terkait dengan dunia sekolah,
siswa dapat menentukan informasi
tersirat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
42
|
|||
|
1.
Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam
sebuah teks fungsional shopping lists
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk shopping list terkait bahan makanan, siswa
dapat menentukan informasi tertentu
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
43
|
|||
|
2.
Menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam
sebuah teks fungsional shopping lists
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk shopping list terkait bahan makanan, siswa
dapat menentukan informasi tertentu
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
44
|
|||
|
2
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
|
JUMBLED
WORDS
|
Simple
present tense
|
Disajikan
seperngkat kata dari sebuah kalimat yang disusun acak, siswa dapat menyusunnya kembali menjadi sebuah
kalimat yang bermakna dengan tepat.
|
45
|
|
Teks
Rumpang Short Message
|
Teks
rumpang short message
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message siswa dapat melengkapi teks tersebut
dengan kata kerja yang tepat
|
46
|
||
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message siswa dapat melengkapi teks
tersebut dengan kata benda yang
tepat
|
47
|
||||
|
Disajikan
sebuah teks fungsional berbentuk short message siswa dapat melengkapi teks tersebut
dengan kata sifat yang tepat
|
48
|
||||
|
JUMBLED
SENTENCES
Invitation
|
Jumbled
sentence invitation (graduation celebration)
|
Disajikan
seperangkat kalimat yang disusun secara acak dari sebuah teks fungsional invitation,
siswa dapat menyusunnya kembali menjadi sebuah teks invitation yang padu.
|
49
|
||
|
JUMBLED
SENTENCES
Greeting
card
|
Jumbled
sentence Greeting Cards (winning in the Science olympiad)
|
Disajikan
seperangkat kalimat yang disusun secara acak dari sebuah teks fungsional
berbentuk greeting card, siswa dapat menyusunnya kembali menjadi sebuah teks greeting
card yang padu.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar