Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 8

Kisi-kisi Soal IPS Kelas 8



KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SMP KABUPATEN GUNUNGKIDUL
KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jenis Sekolah          : SMP  
Jumlah Soal            : 50 butir
Mata Pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL                                                                           Bentuk Soal/test      : Pilihan Ganda
Kurikulum              : KTSP                                                      


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Nomor
Soal
1.    Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
































2.      Memahami masalah penyimpangan sosial
1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

















1.2  Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya


1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit social (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
3.2. Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
Letak geografis
Pengaruh letak lintang terhadap iklim
Pengaruh letak geografi terhadap  kondisi social budaya

Pengaruh letak geografi terhadap  perubahan musim

Persebaran flora dan fauna

Jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia




Permasalahan kependudukan di Indonesia




Lingkungan hidup dan kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan


Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masdyarakat


Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  1. Siswa dapat menyebutkan letak geografi
  2. Siswa dapat menjelaskan pengaruh letak lintang terhadap iklim di Indonesia
  3. Siswa dapat menjelaskan pengaruh letak geografi terhadap kondisi sosial budaya di Indonesia

  1. Siswa dapat menjelaskan pengaruh letak geografi terhadap musim di Indonesia
  2. Melalui gambar, siswa dapat mengidentifikasi terjadinya angin muson timur
  3. Siswa dapat mengklasifikan fauna peralihan
  4. Melalui peta, siswa dapat menunjukkan batas fauna tipe Asia dengan  fauna peralihan
  5. Siswa dapat menyebutkan sifat  tanah yang subur
  6. Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan tanah grumusol di Indonesia

  1. Siswa dapat menyebutkan metode sensus penduduk
  2. Siswa dapat membaca sebuah piramida penduduk
  3. Siswa dapat menghitung pertumbuhan penduduk total

  1. Siswa dapat menyebutkan unsur pokokdalam lingkungan hidup
  2. Siswa dapat menyebutkan unsur abiotik yang membentuk lingkungan hidup
  3. Siswa dapat menjelaskan upaya pelestarian udara di daerah perkotaan

  1. Siswa dapat mengidentifikasi  penyimpangan sosial dalam keluarga
  2. Siswa dapat mengklasifikasi upaya pencegahan penyimpangan sosial yang bersifat kuratif

1
2

3



4

5


6

7


8

9


10

11

12


13

14


15

16

17








Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No Soal
2. Memahami proses kebangkitan nasional
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperilaisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial

  1. Siswa dapat menyebutkan  tujuan VOC

18.              
  1. Siswa dapat menjelaskan pelayaran hongi

19.              
Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah

  1. Siswa dapat menyebutkan tugas utama Herman Willem Daendels dalam mempertahankan pulau Jawa dari ancaman Inggris.
20.              
  1. Siswa dapat menjelaskankan sumbangan yang positif dilakukan pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles
21.              
Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah
  1. Siswa dapat menyebutkan pengarang buku Max Havelaar
22.              
  1. Siswa dapat menyebutkan sebab umum terjadinya perang Diponegoro
23.              
Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia serta penanaman Modal asing Barat bagi kepentingan Kolonial

  1. Siswa dapat menyebutkan tujuan disusunnya Undang-Undang Agraria oleh Belanda
24.              
  1. Siswa dapat menyebutkan pengaruh positif pemberlakuan Undang-Undang Agraria
25.              

2.2 Mengu-raikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
Perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia
  1. Siswa dapat menyebutkan  pengaruh Politik Etis yang dilakukan Belanda
26.              
  1. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan  faktor pendorong pergerakan nasional dari dalam negeri
27.              
  1. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri Pergerakan nasional sesudah tahun 1908
28.              
Peranan golongan
terpelajar, profesional dan pers dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
  1. Siswa dapat menyebutkan tokoh yang banyak menulis pada surat kabar Mataram
29.              
30.  Siswa dapat menyebutkan pemrakarsa berdirinya organisasi Budi Utomo adalah...
30.              
Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan, sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia
  1. Siswa dapat menyebutkan tokoh berdirinya organisasi Muhammadiyah
31.              
Peran manifesto politik 1925,
Konggres Pemuda 1928 dan Konggres perempuan pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
  1. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan hasil konggres Pemuda 28 Oktober 1928
32.              
  1. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan contoh organisasi wanita
33.              


  1. Siswa dapat menyebutkan tokoh emansipasi wanita
34.              




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No Soal
4. Memahami kegiatan  pelaku ekonomi di masyarakat
4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebu tuhan manusia yang tidak terbatas
Kelangkaan sumber daya ekonomi
  1. Disajikan suatu narasi siswa dapat menjelaskan arti kelangkaan dengan benar
35


Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan .
  1. Disajikan suatu data siswa dapat menentukan usaha mengatasi kelangkaan dengan benar
36


Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
  1. Disajikan suatu daftar  siswa dapat menyebutkan faktor- faktor penyebab perbedaan kebutuhan manusia
37


Jenis-jenis kebutuhan
  1. Siswa dapat mengidentifikasi kebutuhan menurut sifatnya
38


Menentukan skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan
  1. Disajikan suatu daftar, siswa dapat menentukan skala prioritas kebutuhan dengan benar
39


Pengertian dan macam- macam alat pemenuhan  kebutuhan
  1. Siswa mampu membedakan macam macam nilai guna alat pemenuhan kebutuhan dengan benar
40



  1. Disajikan ilustrasi, siswa mampu mengidentifikasi alat pemenuhan kebutuhan dengan benar
41

4.2.Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan negara
Pelaku Ekonomi
  1. Disajikan suatu data siswa dapat menunjukkan ciri sistem ekonomi kerakyatan
42


Pokok-pokok perkoperasian Indonesia
  1. Siswa dapat menyebutkan landasan hukum Koperasi di Indonesia
43


Pendirian  koperasi
  1. Disajikan suatu data, siswa dapat menunjukkan jenis modal dalam Koperasi
44

4.3.Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
  1. Siswa dapat menyebutkan peranan pasar dengan benar
45


Syarat-syarat terjadinya pasar
  1. Siswa dapat menyebutkan syarat terjadinya pasar dengan benar
46


Macam-macam pasar dan contoh-contohnya
  1. Siswa mampu membedakan macam-macam pasar dengan benar
47



  1. Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam pasar menurut jenis barangnya
48


Pasar konkret dan pasar abstrak
  1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret dengan benar
49



  1. Siswa dapat menyebutkan contoh pasar abstrak dengan benar
50












Tidak ada komentar:

Posting Komentar