Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 7

Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 7



MATA PELAJARAN       : BAHASA INDONESIA                                                                     TAHUN PELAJARAN     : 2016/2017

SEKOLAH                        : SMP  
KELAS                              : 7                                                                                       
JUMLAH SOAL               : 50 (PILIHAN GANDA)

NO.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO. SOAL
1.
1.1 Menyimpulkan isi berita yang  dibacakan dalam beberapa kalimat
Menyimpulkan isi teks berita
-      Disajikan kutipan berita, peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita.
-      Disajikan kutipan berita, peserta didik mampu menyimpulkan isi berita.
PG

PG
1


2
2.
1.2 Menuliskan  kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Penulisan kembali isi berita
-      Disajikan teks berita, peserta didik mampu menentukan isi berita.
PG
3
3.
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Penceritaan pengalaman pribadi
-      Disajikan pengalaman pribadi rumpang, peserta didik mampu menentukan ungkapan yang tepat untuk melengkapi pengalaman yang rumpang tersebut.
-      Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan peristiwa yang berisi pengalaman pribadi yang mengesankan.
PG


PG
4


5
4.
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan  menggunakan bahasa yang efektif, baik, dan benar
Penyampaian pengumuman
-      Disediakan ilustrasi kegiatan, peserta didik mampu menentukan kalimat pengumuman.
PG

6
5.
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasinya
-      Disajikan kalimat, peserta didik mampu menentukan kalimat yang menggunakan kata semakna dengan kalimat dalam ilustrasi.
-      Disajikan daftar kata secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kata-kata tersebut secara alfabetis.
-      Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks kalimatnya.
-      Disajikan paragraf rumpang, peserta didik mampu menentukan kata yang tepat untuk  melengkapi paragraf rumpang tersebut.
-      Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan kata yang tidak tepat dalam paragraf tersebut. 
PG

PG
PG
PG
PG
7

8

9

10

11
6.
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
Penyimpulan isi bacaan
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut.
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut.
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan kalimat utama dalam paragraf tersebut.
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan gagasan utama dalam paragraf tersebut.
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan isi  paragraf tersebut.
-   Disajikan paragraf, peserta didik mampu menentukan simpulan yang  sesuai dengan paragraf tersebut.
PG
PG

PG
PG

PG
PG
12

13

14

15


16

17
7.
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Pembacaan teks perangkat upacara
-       Disajikan penggalan teks upacara bendera, peserta didik mampu menentukan penjedaan yang  tepat untuk pembacaan teks tersebut.  
PG
18
8.
4.1 Menulis buku harian dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
Penulisan catatan harian
-      Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu menentukan penulisan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut.
-      Disajikan kutipan buku harian, peserta didik mampu menentukan  isi buku harian tersebut.
-      Disajikan buku harian rumpang, peserta didik mampu menentukan ungkapan pengalaman pribadi yang ekspresif yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
PG

PG
PG
19


20

21
9.
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Penulisan surat pribadi
-       Disajikan salah satu bagian surat, peserta didik mampu menentukan bagian surat pribadi dengan tepat.
-       Disajikan penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan isi surat pribadi tersebut.
-       Disajikan penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan balasan surat pribadi tersebut.
-       Disajikan penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan penutup surat pribadi tersebut.
PG

PG

PG

PG
22

23

24

25


Perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
-       Disajikan bagian-bagian surat, peserta didik mampu menentukan bagian surat yang termasuk surat pribadi.
PG
26


Menyunting surat
-       Disajikan tempat dan tanggal surat, peserta didik mampu menentukan penulisan tempat dan tanggal surat yang benar.
PG
27
10.
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
Penulisan pengumuman
-   Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta didik mampu menentukan kalimat pengumuman yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
-   Disajikan  teks pengumuman, peserta didik mampu menentukan informasi pokok dari teks pengumuman tersebut.
-   Disajikan  teks pengumuman yang belum tepat, peserta didik mampu menyunting menjadi teks pengumuman yang benar.
PG


PG

PG
28


29

30
11.
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Menemukan hal yang menarik dari dongeng
-      Disajikan penggalan dongeng, peserta didik mampu menentukan hal yang menarik dari dongeng.
-      Disajikan dongeng acak, peserta didik mampu merangkai hal-hal yang menarik menjadi cerita yang runtut.
PG

PG
31

32
12.
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
Menemukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
-       Disajikan penggalan dongeng, peserta didik mampu menemukan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang.
PG
33
13.
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat
Pemahaman cerita
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan tema cerita anak tersebut.
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan watak tokoh cerita anak tersebut.
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan bukti watak tokoh cerita anak tersebut.
-      Disajiikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan latar cerita anak tersebut.
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan bukti latar cerita anak tersebut.
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan amanat dari cerita anak tersebut.
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan jenis cerita anak tersebut berdasarkan isinya.
PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG
34

35

36

37

38

39

40

14.
6.2 Bercerita dengan alat peraga
Cara bercerita
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan alat peraga yang tepat.
PG
41
15.
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
Penceritaan kembali
-      Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan pokok-pokok cerita anak tersebut.
-      Disajikan pokok-pokok cerita, peserta didik mampu merangkai pokok-pokok cerita itu menjadi cerita yang runtut.
-  Disajikan penggalan cerita anak, peserta didik mampu mencerita-kan kembali cerita tersebut dengan gaya bercerita yang sesuai.
PG

PG

PG
42

43

44
16.
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Cara berkomentar terhadap buku cerita
-      Disajikan kutipan cerita, peserta didik mampu mengomentari cerita  dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
PG
45
17.
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
Penulisan  pantun
-      Disajikan ciri-ciri puisi lama, peserta   mampu menentukan ciri-ciri pantun.
-      Disajikan pantun rumpang baris 1 dan 3, peserta didik mampu melengkapi pantun rumpang tersebut.
-      Disajikan pantun dengan beberapa kata rumpang, peserta didik mampu menentukan kata yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut.
-      Disajikan pantun dengan beberapa kata tidak sesuai, peserta didik mampu menentukan kata yang tidak sesuai tersebut.
PG

PG

PG


PG
46

47

48


49
18.
8.2 Menulis kembali dongeng yang pernah dibaca atau didengar dengan gaya bahasa sendiri.
Penulisan kembali dongeng
-      Disajikan penggalan dongeng, peserta didik mampu menentukan pokok dari cerita dongeng tersebut.
PG
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar