MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
SEKOLAH : SMP
KELAS : 7
JUMLAH SOAL : 50 (PILIHAN GANDA)
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO. SOAL
|
1.
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
Menyimpulkan isi teks
berita
|
-
Disajikan kutipan
berita, peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita.
-
Disajikan kutipan
berita, peserta didik mampu menyimpulkan isi berita.
|
PG
PG
|
1
2
|
2.
|
1.2 Menuliskan kembali berita
yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
Penulisan kembali isi berita
|
-
Disajikan teks
berita, peserta didik mampu menentukan isi berita.
|
PG
|
3
|
3.
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang
paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
Penceritaan pengalaman pribadi
|
-
Disajikan
pengalaman pribadi rumpang, peserta didik mampu menentukan ungkapan yang
tepat untuk melengkapi pengalaman yang rumpang tersebut.
-
Disajikan
paragraf, peserta didik mampu menentukan peristiwa yang berisi pengalaman
pribadi yang mengesankan.
|
PG
PG
|
4
5
|
4.
|
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan menggunakan bahasa yang efektif, baik, dan
benar
|
Penyampaian pengumuman
|
-
Disediakan
ilustrasi kegiatan, peserta didik mampu menentukan kalimat pengumuman.
|
PG
|
6
|
5.
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu
dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui
kegiatan membaca memindai
|
Cara menemukan makna kata secara cepat
dan implementasinya
|
-
Disajikan
kalimat, peserta didik mampu menentukan kalimat yang menggunakan kata semakna
dengan kalimat dalam ilustrasi.
-
Disajikan
daftar kata secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kata-kata tersebut
secara alfabetis.
-
Disajikan
paragraf, peserta didik mampu menentukan makna kata secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks kalimatnya.
-
Disajikan
paragraf rumpang, peserta didik mampu menentukan kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut.
-
Disajikan
paragraf, peserta didik mampu menentukan kata yang tidak tepat dalam paragraf
tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
7
8
9
10
11
|
6.
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah
membaca cepat 200 kata per menit
|
Penyimpulan isi bacaan
|
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut.
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut.
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan kalimat utama dalam paragraf tersebut.
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan gagasan utama dalam paragraf tersebut.
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan isi paragraf tersebut.
- Disajikan paragraf, peserta didik mampu
menentukan simpulan yang sesuai dengan
paragraf tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
12
13
14
15
16
17
|
7.
|
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
Pembacaan teks perangkat upacara
|
-
Disajikan
penggalan teks upacara bendera, peserta didik mampu menentukan penjedaan yang tepat untuk pembacaan teks tersebut.
|
PG
|
18
|
8.
|
4.1 Menulis buku harian dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
Penulisan catatan harian
|
-
Disajikan
ilustrasi, peserta didik mampu menentukan penulisan buku harian yang sesuai
ilustrasi tersebut.
-
Disajikan kutipan
buku harian, peserta didik mampu menentukan
isi buku harian tersebut.
-
Disajikan buku
harian rumpang, peserta didik mampu menentukan ungkapan pengalaman pribadi
yang ekspresif yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
PG
PG
PG
|
19
20
21
|
9.
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
Penulisan surat pribadi
|
-
Disajikan salah
satu bagian surat, peserta didik mampu menentukan bagian surat pribadi dengan
tepat.
-
Disajikan
penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan isi surat pribadi tersebut.
-
Disajikan
penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan balasan surat pribadi
tersebut.
-
Disajikan
penggalan surat pribadi, peserta didik mampu menentukan penutup surat pribadi
tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
|
22
23
24
25
|
Perbedaan komposisi surat pribadi
dengan surat resmi
|
-
Disajikan
bagian-bagian surat, peserta didik mampu menentukan bagian surat yang
termasuk surat pribadi.
|
PG
|
26
|
||
Menyunting surat
|
-
Disajikan tempat
dan tanggal surat, peserta didik mampu menentukan penulisan tempat dan
tanggal surat yang benar.
|
PG
|
27
|
||
10.
|
4.3 Menulis teks pengumuman dengan
bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
Penulisan pengumuman
|
- Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta
didik mampu menentukan kalimat pengumuman yang tepat sesuai ilustrasi
tersebut.
- Disajikan
teks pengumuman, peserta didik mampu menentukan informasi pokok dari
teks pengumuman tersebut.
- Disajikan
teks pengumuman yang belum tepat, peserta didik mampu menyunting menjadi
teks pengumuman yang benar.
|
PG
PG
PG
|
28
29
30
|
11.
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik
dari dongeng yang diperdengarkan
|
Menemukan hal yang menarik dari
dongeng
|
-
Disajikan
penggalan dongeng, peserta didik mampu menentukan hal yang menarik dari
dongeng.
-
Disajikan
dongeng acak, peserta didik mampu merangkai hal-hal yang menarik menjadi cerita
yang runtut.
|
PG
PG
|
31
32
|
12.
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng
yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
Menemukan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang
|
-
Disajikan
penggalan dongeng, peserta didik mampu menemukan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang.
|
PG
|
33
|
13.
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik,
suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat
|
Pemahaman cerita
|
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan tema cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan watak tokoh cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan bukti watak tokoh
cerita anak tersebut.
-
Disajiikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan latar cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan bukti latar cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan amanat dari cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan jenis cerita anak
tersebut berdasarkan isinya.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
34
35
36
37
38
39
40
|
14.
|
6.2 Bercerita dengan
alat peraga
|
Cara bercerita
|
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan alat peraga yang tepat.
|
PG
|
41
|
15.
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak
yang dibaca
|
Penceritaan kembali
|
-
Disajikan
penggalan cerita anak, peserta didik mampu menentukan pokok-pokok cerita anak
tersebut.
-
Disajikan
pokok-pokok cerita, peserta didik mampu merangkai pokok-pokok cerita itu
menjadi cerita yang runtut.
- Disajikan penggalan cerita anak, peserta
didik mampu mencerita-kan kembali cerita tersebut dengan gaya bercerita yang
sesuai.
|
PG
PG
PG
|
42
43
44
|
16.
|
7.2 Mengomentari buku cerita yang
dibaca
|
Cara berkomentar terhadap buku cerita
|
-
Disajikan
kutipan cerita, peserta didik mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang
santun.
|
PG
|
45
|
17.
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
Penulisan pantun
|
-
Disajikan
ciri-ciri puisi lama, peserta mampu
menentukan ciri-ciri pantun.
-
Disajikan
pantun rumpang baris 1 dan 3, peserta didik mampu melengkapi pantun rumpang
tersebut.
-
Disajikan
pantun dengan beberapa kata rumpang, peserta didik mampu menentukan kata yang
tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut.
-
Disajikan
pantun dengan beberapa kata tidak sesuai, peserta didik mampu menentukan kata
yang tidak sesuai tersebut.
|
PG
PG
PG
PG
|
46
47
48
49
|
18.
|
8.2 Menulis kembali dongeng yang
pernah dibaca atau didengar dengan gaya bahasa sendiri.
|
Penulisan kembali dongeng
|
-
Disajikan
penggalan dongeng, peserta didik mampu menentukan pokok dari cerita dongeng
tersebut.
|
PG
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar