KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER (UAS)
1
MKKS SMP KABUPATEN
GUNUNGKIDUL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
|
Jenis Sekolah
|
: SMP/MTs Kabupaten Gunungkidul
|
Jumlah soal
|
: 50 soal
|
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa
Inggris
|
Bentuk Soal
|
: Pilihan Ganda
|
|
Kurikulum
|
: Standar
Isi & KTSP
|
Kelas/ Semester
|
: IX / Gasal
|
|
Alokasi Waktu
|
: 120
menit
|
Penyusun
|
: Tim MGMP
B Inggris
|
|
No
|
SK/ KD
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
No Soal
|
|
|
1
|
READING (Membaca)
Memahami makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
CAUTION/
NOTICE
|
Menentukan makna teks
|
Makna teks notice di tempat wisata
|
Disajikan
sebuah notice/caution di tempat wisata, siswa dapat menentukan
makna teks tersebut dengan tepat.
|
1
|
|
Menentukan informasi tersirat
|
Informasi tersirat dalam notice di tempat wisata
|
Disajikan
sebuah notice/caution di tempat wisatai ,
siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat teks tersebut
dengan tepat.
|
2
|
|||
|
Menentukan makna kata
|
Makna kata dalam sebuah notice di tempat wisata
|
Disajikan
sebuah kalimat dari sebuah notice/caution di tempat wisata dengan satu kata bergaris bawah, siswa dapat menentukan makna salah satu kata yang
terdapat dalam teks dengan tepat
|
3
|
|||
|
ANNOUNCEMENT
|
Menentukan gambaran umum
|
Gambaran umum dari announcement di tempat umum
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk announcement di tempat umum, siswa dapat menentukan gambaran umum terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
4
|
||
|
Menentukan informasirinci tersurat
|
Informasi tersirat dari announcement di tempat umum
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk announcement di tempat umum, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat.
|
5
|
|||
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari announcement di tempat umum
|
Disajikan
sebuah fungsional
berbentuk announcement di tempat umum, siswa dapat menentukan informasi tertentu
yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
6
|
|||
|
TIMETABLE
|
Menentukan informasi rinci tersurat
|
Informasi rinci tersurat dari timetable acara seminar
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk timetable terkait dengan acara seminar, siswa dapat menentukan
informasi tertentu dari teks tersebut dengan tepat
|
7
|
||
|
Menentukan Informasi tersirat
|
Informasi tersirat dari timetable kegiatan seminar
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk timetable terkait dengan acara seminar, siswa dapat menentukan
informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat
|
8
|
|||
|
Menentukan makna kata
|
Makna kata dari timetable keg seminar
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk timetable terkait dengan acara seminar, siswa dapat menentukan
makna
salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
9
|
|||
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari timetable
|
Disajikan
sebuah fungsioanl
berbentuk timetable terkait dengan acara seminar, siswa dapat menentukan
informasi tertentu dari teks tersebut dengan tepat
|
10
|
|||
|
1
|
READING (Membaca)
Memahami makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
INVITATION
House warming party
|
Menentukan gambaran umum
|
Gambaran umum dari house warming invitation
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk invitation terkait acara
pesta menempati rumah baru, siswa dapat menentukan tersirat dalam
teks tersebut dengan tepat
|
11
|
|
Menentukan Informasi tersirat
|
Informasi tersirat dari house warming invitation
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk invitation terkait acara
pesta menempati rumah baru, siswa dapat menentukan informasi tersirat
dalam tersebut dengan tepat
|
12
|
|||
|
Menentukan Informasi rinci tersurat
|
Informsi rinci tersurat dari house warming invitation
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk invitation terkait acara
pesta menempati rumah baru, siswa dapat menentukan informasi tersirat
yang tedapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
13
|
|||
|
Menentukan rujukan kata
|
Rujukan kata dari house warming invitation
|
Disajikan
sebuah invitation tentang menempati rumah baru, siswa dapat menentukan
makna
salah satu kata dari salah satu kata ganti yang diambul dari teks dengan tepat
|
14
|
|||
|
SHOR MESSAGE
Apology
|
Menentukan tujuan komunikatif teks
|
Tujuan komunikatif teks dari sebuah short message
tentang apology
|
Disajikan
sebuah teks
fungsioanal berbentuk short message terkait dengan
permintaan maaf, siswa dapat tujuan komunikatif dari teks
tersebut dengan tepat.
|
15
|
||
|
Menentukan informasi tersirat
|
Informasi tersirat dari sebuah short message tentang
requesting actions
|
Disajikan
sebuah teks
fungsioanal berbentuk short message terkait dengan
permintaan maaf, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
|||
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari sebuah short message tentang
requesting actions
|
Disajikan
sebuah teks
fungsioanal berbentuk short message terkait dengan
permintaan maaf, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
17
|
|||
|
Menentukan rujukan kata ganti
|
Rujukan kata ganti dari sebuah short message tentang
requesting actions
|
Disajikan
sebuah teks
fungsioanal berbentuk short message terkait dengan
permintaan maaf, siswa dapat menentukan rujukan salah satu kata yang terdapat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
18
|
|||
|
LETTERS Pengalaman wisata
|
Menentukan gambaran umum
|
Gambaran umum dari sebuah letter ttg pengalaman
wisata
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat gambaran
umum isi teks dari teks
tersebut dengan tepat.
|
19
|
||
|
Menentukan informasi rinci tersurat
|
Informasi rinc tersurat dari sebuah letter
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat menentukan
informasi rinci tersurat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
20
|
|||
|
Menentukan informasi tersirat
|
dari sebuah letter
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat menentukan
informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
21
|
|||
|
Menentukan makna kata
|
Makna kata dari sebuah letter
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat menentukan makna
salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
22
|
|||
|
Menentukan rujukan kata
|
Rujukan kata dari sebuah letter
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat menentukan rujukan
salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
23
|
|||
|
|
|
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari sebuah letter
|
Disajikan
sebuah teks
fungsional berbentuk letter yang berisi
tentang pengalaman wisata, siswa dapat menentukan
informasi tertentu yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
24
|
|
1
|
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks
fungsional maupun esai sederhana
berbentuk
procedure, maupun report)
|
PROCEDURE
Recipe
|
Menentukan gambaran
umum
|
Gambaran umum dari sebuah procedure tentang recipe
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure tentang cara membuat makanan/minuman (recipe), siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat
|
25
|
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari sebuah procedure tentang recipe
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure tentang cara membuat makanan/minuman (recipe), siswa dapat menentukan informasi tertentu dari teks tersebut dengan tepat
|
26
|
|||
|
Menentukan informasi rinci tersurat
|
Informasi rinci tersurat dari sebuah procedure tentang
recipe
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure cara membuat makanan/minuman (recipe), siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat
dari teks tersebut dengan tepat
|
27
|
|||
|
PROCEDURE
Doing Experiment
|
Menentukan informasi tersirat
|
Gambaran umum dari procedure tentang doing experiment
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure cara melakukan suatu eksperimen, siswa dapat menentukan informasi tertentu dari teks tersebut dengan tepat
|
28
|
||
|
Menentukan makna kata
|
Gambaran umum dari procedure tentang doing experiment
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure cara melakukan kegiatan eksperimen, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat dlm teks tersebut dengan tepat.
|
29
|
|||
|
Procedure how to
operate instrumen
|
Menentukan gambaran umum
|
Gambaran umum how
to operate instrumen
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure tentang langkah-langkah kegiatan mengopersikan
suatu alat), siswa dapat menentukan gambaran umum isi teks
dari teks tersebut dengan tepat.
|
30
|
||
|
Menentukan Informasi tersirat
|
Informasi tersirat dari procedure tentang doing experiment
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure tentang langkah-langkah kegiatan mengoperasiionalakan
suatu siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
|
31
|
|||
|
Menentukan informasi rinci tersurat
|
Informasi rinci tersuratdari procedure tentang doing
experiment
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk procedure tentang langkah-langkah kegiatan mengoperasionakkan
suatu alat, siswa dapat menentukan informasi rinci teks tersebut dengan tepat.
|
32
|
|||
|
Report ttg profesi
|
Menentukan informasi tertentu
|
Informasi tertentu dari report
profesi
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report profesil siswa dapat menentukan tertentu dalami teks tersebut dengan tepat.
|
33
|
||
|
Menentukan informasi rinci
|
Informasi rinci dari report profesi
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report profesil siswa dapat menentukan informasi rinci dalami teks tersebut dengan tepat.
|
34
|
|||
|
|
Menentukan informasi tersirat
|
Informasi tersirat dari report
profesi
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report profesil siswa dapat menentukan informasi tersirat
dalami teks tersebut dengan tepat.
|
35
|
||
|
REPORT
Profession
|
Menentukan informasi tertentu
|
Infomasi
tertentu dari sebuah teks report
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report terkait dengan profesi, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang terdapat dalam teks
tersebut dengan tepat
|
36
|
||
|
Menentukan pikiran utama paragraf
|
Pikiran
utam sebuah paragraph tek report
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report terkait dengan profesi, siswa dapat menentukan pikiran utamai yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
37
|
|||
|
Menentukan rujukan kata
|
Rujukan
kata dari sebuah report ttg profesi
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report terkait dengan profesi, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
38
|
|||
|
Menentukan rujukan kata
|
Rujukan kata dari report tentang profesi
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report terkait dengan profesi, siswa dapat menentukan makna salah satu kata yang terdapat dalam teks tersebut dengan tepat
|
39
|
|||
|
REPORT
Plants
|
Menentukan gambaran umum
|
Gambaran
umum dari sebuah report ttg tanaman
|
Disajikan
sebuah teks
esei berbentuk report terkait dengan tanaman, siswa dapat menentukan gambaran umum yang terdapat salah
satu paragraf dalam teks tersebut dengan tepat
|
40
|
||
|
Menentukan informasi rinci
|
Informasi
rinci report tentang plants
|
Disajikan
sebuah teks esei
berbentuk report tekait dengan tumbuhan (plant), siswa dapat menentukan informasi rinci teks tersebut dengan dari tepat
|
41
|
|||
|
Menentukan makna
kata
|
Makna
katat dari report tentang plants
|
Disajikan
sebuah teks esei
berbentuk report tekait dengan tumbuhan (plant), siswa dapat menentukan makna kata teks tersebut dengan tepat
|
42
|
|||
|
Menentukan pikiran utama
|
Pikiran
utama dari report tentang plants
|
Disajikan
sebuah teks esei
berbentuk report tekait dengan tumbuhan (plant), siswa dapat menentukan pikiran utama dari teks tersebut dengan tepat
|
43
|
|||
|
Menentukan informasi
rinci
|
Informasi
rinci dari sebuah teks report
|
Disajikan
sebuah teks esei
berbentuk report tekait dengan tumbuhan (plant), siswa dapat menentukan informasi rinci yang terdapat
dalam teks tersebut dengan tepat
|
44
|
|||
|
2
|
WRITING (MENULIS)
mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
KATA ACAK
|
Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat bermakna
|
Kata acak dari kalimat pada teks report
|
Disajikan
seperangkat kata dari
sebuah kalimat yang disusun acak, siswa dapat menyusunnya kembali
menjadi sebuah kalimat bermakna dengan tepat
|
45
|
|
TEKS RUMPANG
(Procedure
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang (procedure)
|
Kata benda yang tepat dan relevan dengan teks procedure
|
Disajikan
sebuah teks procedure rumpang, siswa dapat melengkapi teks rumpang
tersebut dengan kata benda yang tepat
|
46
|
||
|
Kata kerja yang tepat dan relevan dengan teks procedure
|
Disajikan
sebuah teks procedure
rumpang, siswa dapat melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata kerja yang tepat.
|
47
|
||||
|
Kata sifat yang tepat dan relevan dengan teks procedure
|
Disajikan
sebuah teks procedure rumpang, siswa dapat melengkapi teks rumpang
tersebut dengan kata sifat yang tepat
|
48
|
||||
|
KALIMAT ACAK
(Procedure)
|
Menyusun kalimat acak menjadi sebuah teks sederhana
berbentuk procedure
|
Jumbled
sentences dari teks procedure
|
Disajikan
seperangkat kalimat yang disusun acak dari sebuah teks procedure pendek , siswa dapat menyusunnya kembali menjadi sebuah teks procedure yang
padu dan bermakna
|
49
|
||
|
|
|
KALIMAT ACAK
(Report)
|
Menyusun kalimat acak menjadi sebuah teks berbentuk
report
|
Jumbled sentences
dari sebuah teks report
|
Disajikan
seperangkat kalimat yang disusun acak dari sebuah teks report pendek, siswa dapat menyusunnya kembali menjadi sebuah teks report yang padu
dan bermakna
|
50
|
Panggang,
19 September 2016
Penyusun,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar