KISI-KISI
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
MKKS
KABUPATEN GUNUNGKIDUL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS
IX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
|
No.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan Kls/Smstr
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
|
Nomor Soal
|
|
1
|
Membaca
3. Memahami ragam
wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
3.1 Membedakan antara fakta dan
opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
|
IX/1
|
Opini dan Fakta iklan
|
Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan fakta pada iklan tersebut .
|
PG
|
1
|
|
Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan opini iklan tersebut.
|
PG
|
2
|
|||||
|
Disajikan
sebuah iklan, siswa dapat menentukan penjelasan atas kalimat iklan
tersebut.
|
PG
|
3
|
|||||
|
Disajikan
sebuah iklan rumpang, siswa dapat menentukan kalimat fakta yang tepat untuk
melengkapi iklan rumpang tersebut
|
PG
|
4
|
|||||
|
Disajikan
sebuah kalimat iklan, siswa dapat menentukan maksud kalimat iklan tersebut.
|
PG
|
5,6,7
|
|||||
|
Disajikan
sebuah ilustrasi
iklan, siswa dapat menentukan penulisan iklan yang sesuai
dengan ilustrasi iklan tersebut.
|
PG
|
8
|
|||||
|
|
|
3.2 Menemukan informasi yang
diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca
memindai
|
IX/1
|
Indeks Buku
|
Disajikan
sebuah indeks buku, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai indeks tersebut.
|
PG
|
9
|
|
Disajikan
sebuah kata acak dalam indeks buku, siswa dapat menentukan urutan kata yang
tepat sesuai indeks buku.
|
PG
|
10
|
|||||
|
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris,
resensi, dan karangan
|
4.1 Menulis iklan baris dengan
bahasa yang sigkat, padat dan jelas
|
IX/1
|
Iklan Baris
|
Disajikan
sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan iklan baris yang tepat sesuai
ilustrasi tersebut.
|
PG
|
11
|
|
Disajikan
iklan baris, siswa dapat menentukan
uraian kalimat iklan tersebut!
|
PG
|
12
|
|||||
|
|
|
4.2 Meresensi buku pengetahuan
|
IX/1
|
Resensi Buku
|
Disajikan
beberapa penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian pembuka sebuah
resensi.
|
PG
|
13
|
|
Disajikan
beberapa penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian penutup sebuah
resensi.
|
PG
|
14
|
|||||
|
Disajikan
sebuah penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian resensi tersebut.
|
PG
|
15
|
|||||
|
Disajikan
sebuah data resensi, siswa dapat menentukan paragraf resensi sesuai data
tersebut.
|
PG
|
16
|
|||||
|
Disajikan
beberapa penggalan resensi, siswa
dapat menentukan paragraf yang berisi keunggulan buku sebuah resensi.
|
PG
|
17
|
|||||
|
Disajikan
sebuah penggalan resensi, siswa dapat
menentukan paragraf yang berisi kekurangan buku sebuah resensi.
|
PG
|
18
|
|||||
|
Disajikan
sebuah penggalan resensi, siswa dapat
menentukan paragraf yang berisi kelebihan dan kekurangan buku sebuah resensi.
|
PG
|
19
|
|||||
|
|
|
4.3 Menyunting karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan,
pilihan kata, keefektifan kalimat,
keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
IX/1
|
Penyuntingan
|
Disajikan
sebuah kalimat yang salah penulisan huruf
kapital, siswa dapat menentukan penyuntingan penggunaan huruf kapital yang
benar.
|
PG
|
20,21
|
|
Disajikan
sebuah paragraf yang salah penulisan tanda bacanya, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan tanda baca
tersebut.
|
PG
|
22,23,24
|
|||||
|
Disajikan
sebuah kalimat yang salah penulisan ejaannya, siswa dapat menentukan kalimat
yang benar penulisan ejaannya.
|
PG
|
25,26
|
|||||
|
Disajikan sebuah kalimat yang salah penggunan pilihan
kata, siswa dapat menentukan perbaikan pilihan kata yang tepat.
|
|
27,28
|
|||||
|
Disajikan
sebuah kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan kalimat efektif berdasarkan
penyuntingan kalimat tersebut.
|
PG
|
29,30,
|
|||||
|
Disajikan empat kalimat. Satu di antaranya
kalimat efektif, siswa dapat menentukan kalimat efektif tersebut.
|
PG
|
31
|
|||||
|
Disajikan
beberapa kalimat acak, siswa dapat menentukan urutan kalimat agar menjadi
sebuah paragraf yang padu.
|
PG
|
32
|
|||||
|
Disajikan
sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat rumpang, siswa dapat menentukan penyuntingan
kalimat yang benar.
|
PG
|
33
|
|||||
|
Disajikan
paragraf yang di dalamnya terdapat
pemilihan kata yang salah, siswa dapat menentukan kata yang benar.
|
PG
|
34
|
|||||
|
|
Membaca
7. Memahami wacana
sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
7.1 Menemukan tema, latar, dan
penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
|
IX/1
|
Unsur
Instrinsik
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan
bukti latar tempat penggalan
cerpen tersebut.
|
PG
|
35
|
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan latar waktu penggalan cerpen
tersebut.
|
PG
|
36
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan penggambaran watak tokoh dalam cerpen tersebut.
|
PG
|
37
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan tema
cerpen tersebut.
|
PG
|
38
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan tahapan pada cerpen tersebut.
|
PG
|
39
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan konflik pada cerpen tersebut.
|
PG
|
40
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan amanat cerpen tersebut.
|
PG
|
41
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh pada cerpen
tersebut.
|
PG
|
42
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan latar waktu penggalan cerpen tersebut.
|
PG
|
43
|
|||||
|
Disajikan
penggalan cerpen, siswa dapat menentukan latar suasana penggalan cerpen tersebu
|
PG
|
44
|
|||||
|
Disajikan
beberapa penggalan cerita, siswa dapat menentukan cerita yang menggunakan
sudut pandang orang ketiga
|
PG
|
45
|
|||||
|
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan jenis majas
yang digunakan oleh pengarang.
|
PG
|
46
|
|||||
|
Disajikan
beberapa penggalan cerita, siswa dapat menentukan cerita yang menggunakan
sudut pandang orang pertama.
|
PG
|
47
|
|||||
|
|
|
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen.
|
IX/1
|
Nilai Kehidupan Positif dan Negatif pada Cerpen
|
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan nilai
kehidupan yang positif.
|
PG
|
48
|
|
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan nilai
kehidupan yang negatif.
|
PG
|
49
|
|||||
|
Nilai Kehidupan yang dapat
diteladani
|
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan
siswa
|
PG
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar