Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9

Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9



KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
MKKS KABUPATEN GUNUNGKIDUL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
No.
Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi Dasar
Bahan Kls/Smstr
Materi
Indikator
Bentuk
Nomor Soal
1
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif

IX/1
Opini dan Fakta iklan
Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan fakta pada iklan tersebut .
PG
1
Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan opini  iklan tersebut.
PG
2
Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan  penjelasan  atas kalimat iklan tersebut.
PG
3
Disajikan sebuah iklan rumpang, siswa dapat menentukan kalimat fakta yang tepat untuk melengkapi iklan rumpang tersebut
PG
4
Disajikan sebuah kalimat iklan, siswa dapat menentukan maksud kalimat iklan tersebut.
PG
5,6,7
Disajikan sebuah ilustrasi iklan, siswa dapat menentukan penulisan iklan yang sesuai dengan ilustrasi iklan tersebut.
PG
8


3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

IX/1
Indeks Buku
Disajikan sebuah indeks buku, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai indeks  tersebut.
PG
9
Disajikan sebuah kata acak dalam indeks buku, siswa dapat menentukan urutan kata yang tepat sesuai indeks buku.
PG
10

Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan

4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang sigkat, padat dan jelas


IX/1
Iklan Baris
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
PG
11
Disajikan iklan baris, siswa dapat  menentukan uraian kalimat iklan tersebut!
PG
12


4.2 Meresensi buku pengetahuan

IX/1
Resensi Buku
Disajikan beberapa penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian pembuka sebuah resensi.
PG
13
Disajikan beberapa penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian penutup sebuah resensi.
PG
14
Disajikan sebuah penggalan resensi, siswa dapat menentukan bagian resensi tersebut.
PG
15
Disajikan sebuah data resensi, siswa dapat menentukan paragraf resensi sesuai data tersebut.
PG
16
Disajikan beberapa penggalan  resensi, siswa dapat menentukan paragraf yang berisi keunggulan buku sebuah resensi.
PG
17
Disajikan sebuah penggalan  resensi, siswa dapat menentukan paragraf yang berisi kekurangan buku sebuah resensi.
PG
18
Disajikan sebuah penggalan  resensi, siswa dapat menentukan paragraf yang berisi kelebihan dan kekurangan buku sebuah resensi.
PG
19


4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana

IX/1
Penyuntingan
Disajikan sebuah kalimat yang salah penulisan huruf  kapital, siswa dapat menentukan penyuntingan penggunaan huruf kapital yang benar.
PG
20,21
Disajikan sebuah paragraf yang salah penulisan tanda bacanya, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan tanda baca tersebut.
PG
22,23,24
Disajikan sebuah kalimat yang salah penulisan ejaannya, siswa dapat menentukan kalimat yang benar penulisan ejaannya.
PG
25,26
Disajikan sebuah kalimat yang salah penggunan pilihan kata, siswa dapat menentukan perbaikan pilihan kata yang tepat.

27,28
Disajikan sebuah kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan kalimat efektif berdasarkan penyuntingan kalimat tersebut.
PG
29,30,
Disajikan empat  kalimat. Satu di antaranya kalimat efektif,  siswa dapat menentukan kalimat efektif  tersebut.
PG
31
Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menentukan urutan kalimat agar menjadi sebuah paragraf yang padu.
PG
32
Disajikan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat rumpang, siswa dapat menentukan penyuntingan kalimat yang benar.
PG
33
Disajikan paragraf yang di dalamnya  terdapat pemilihan kata yang salah, siswa dapat menentukan kata yang benar.
PG
34

Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
7.1 Menemukan tema, latar,  dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

IX/1
Unsur  Instrinsik
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan  bukti latar tempat  penggalan cerpen tersebut.
PG
35
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan  latar waktu  penggalan cerpen tersebut.
PG
36
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan penggambaran watak tokoh dalam  cerpen tersebut.
PG
37
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan tema  cerpen tersebut.
PG
38
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan tahapan pada  cerpen tersebut.
PG
39
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan konflik pada  cerpen tersebut.
PG
40
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan amanat cerpen tersebut.
PG
41
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh pada cerpen tersebut.
PG
42
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan  latar waktu  penggalan cerpen tersebut.
PG
43
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan  latar suasana  penggalan cerpen tersebu
PG
44
Disajikan beberapa penggalan cerita, siswa dapat menentukan cerita yang menggunakan sudut pandang orang ketiga
PG
45
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan jenis majas yang digunakan oleh pengarang.
PG
46
Disajikan beberapa penggalan cerita, siswa dapat menentukan cerita yang menggunakan sudut pandang orang pertama.
PG
47


7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen.
IX/1
Nilai Kehidupan Positif dan Negatif pada Cerpen
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan nilai kehidupan yang positif.
PG
48
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menentukan nilai kehidupan yang negatif.

PG
49
Nilai Kehidupan yang dapat diteladani
Disediakan sebuah penggalan cerpen, siswa dapat menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
PG
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar