KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
KURIKULUM : 2006
BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
MATA
PELAJARAN : BAHASA JAWA JUMLAH : 50KELAS : IX WAKTU : 90 MENIT
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Memahami berbagai fungsi teks lisan sesuai dengan
unggah-ungguh basa
Menyusun teks lisan untuk atur-atur, menyatakan
setuju/tidak setuju, menyatakan ikut berbahagia maupun berbela sungkawa
dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, serta sesuai dengan
unggah-ungguh Jawa
Memahami tentang pranatacara (MC) dalam kegiatan sederhana.
Menyusun teks
pranatacara kegiatan sederhana
Memahami tentang sesorah
dalam kegiatan sederhana.
Menyusun teks
sesorah kegiatan sederhana
Memahami wacana beraksara Jawa
|
Unggah-ungguh basa
Unggah ungguh atur-atur
Setuju
Bela sungkawa
Pranatacara
sesorah
Aksara Jawa
|
Ø
Disajikan percakapan, siswa dapat memilih
ragam bahasa yang digunakan oleh paraga dalam wacana dengan tepat.
Ø
Memilih ragam bahasa yang digunakan dalam
kalimat tersaji dengan tepat
Ø
Melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan unggah-ungguh basa yang tepat
Ø
Memilih kalimat dengan menggunakan unggah-ungguh bahasa yang tepat
Ø
Memilih kalimat berdasarkan unggah-ungguh bahasa yang tepat
Ø
Memilih hal-hal yang perlu diperhatikan seseorang dalam
berbicara
Ø
Memilih hal-hal yang harus diperhatikan
dalam atur-atur
Ø
Memilih yang menggunakan basa krama yang tepat
Ø
Memilih kalimat yang benar berdasarkan
unggah-ungguh basa
Ø
Melengkapi kalimat rumpang dengan
menggunakan unggah-ungguh basa yang
tepat
Ø
Memilih kalimat yang benar berdasarkan unggah-ungguh
bahasa
Ø
Disajikan wacana, siswa dapat memilih kalimat yang tepat
untuk menyatakan rasa setuju
Ø
Memilih kalimat yang menyatakan “bela
sungkawa” sesuai dengan unggah-ungguh bahasa yang tepat
Ø
Menuliskan istilah orang yang menyampaikan
pambagyaharja dalam suatu upacara tertentu.
Ø
Menuliskan nama acara dalam upacara lelayu.
Ø
Memilih pihak yang membantu suksesnya suatu
acara dengan tepat
Ø
Menuliskan bekal pranatacara supaya berhasil
dengan baik.
Ø
Menuliskan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam menyampaikan acara.
Ø
Menuliskan Sapta-Ma sesuai dengan ilustrasi
yang tersaji.
Ø
Memilih prinsip pranatacara, sesuai dengan
ilustrasi yang tersaji.
Ø
Memilih bagian teks pranatacara, sesuai dengan
ilustrasi yang tersaji.
Ø
Menuliskan cara membaca acara sesuai dengan
ilustrasi yang tersaji.
Ø
Membetulkan kata yang terdapat dalam teks pranatacara dengan tepat
Ø
Menerapkan prinsip 4W dengan tepat
Ø
Menyebutkan bagian “pangarep-arep” dalam
pamedhar sabda dengan tepat
Ø
Menyebutkan hal-hal yang diucapkan pranatacara dalam menutup suatu acara
Ø
Memilih kalimat yang merupakan wangsalan
sebagai penutup suatu acara
Ø
Memilih jawaban wangsalan yang tersaji dengan
tepat
Ø
Mengurutkan kalimat bagian penutup acara
dengan tepat
Ø
Memilih kata beraksara Jawa yang tepat sesuai
dengan kalimat yang tersaji
Ø
Membaca kalimat yang ditulis menggunakan
aksara Jawa dengan tepat
Ø
Mengisi kalimat rumpang dengan aksara jawa
yang benar.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1, 2, 3
4, 5
6, 7
8,9
10
11
12
13
14, 15
16, 17, 18, 19
20
21
22
23
24
25
26
27, 28, 29, 30
31
32
33, 34, 35
36, 37
38
39
40
41
42
43
44
45
46, 47, 48,
49, 50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar