KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
|
SATUAN
SEKOLAH : SMP
MATA
PELAJARAN : PAI
KELAS/ SEMESTER : VII/ 1
|
ALOKASI WAKTU : 90"
JUMLAH SOAL : 50
BENTUK SOAL : PG
|
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
|
1
|
1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al”
Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam
bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
hukum bacaan
bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1. Menjelaskan
sebab ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
2. Menampilkan contoh Al Qomariyah
3. Menampilkan contoh Al Syamsiyah
4. Menyebutkan contoh idzhar qomariyah
5. Menyebutkan cara baca Al Syamsiyah
6. Menyebutkan cara baca Al qomariyah
7. Menyebutkan huruf Syamsiyah
|
1
1
1
1
1
1
1
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
|
|
2
|
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.2 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah
SWT
|
Iman kepada Allah
|
1. Menjelaskan
pengertian Iman kepada Allah
2. Menyebutkan
dalil iman kepada Allah
3. Menyebutkan dalil tentang keesaan Allah
4. Menjelaskan
arti sifat wajib Allah
5. Menjelaskan
arti sifat mustahil Allah
|
1
1
1
4
1
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
8
9
10
11, 12
13,14
15
|
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
|
3
|
3. Memahami Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
Asmaul Husna
|
1. menampilkan dalil yang terkait dengan
jumlah asmaul husna
2. Menjelaskan
arti asmaul husna
3. Menunjukan perilaku yang sesuai asmaul
husna
4. menunjukan dalil yang terkait asma Al
Ghafur
|
1
2
3
1
|
PG
PG
PG
PG
|
16
17, 20
18, 19
22
21
|
|
4
|
4. Menjelaskan tawadhu, ta’at, qana’ah
dan sabar
|
4. 1 Menjelaskan pengertian tawadhu,
ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan contoh-contoh
perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan
sabar
|
Perilaku
Terpuji
|
1. Mengklasifikasikan ilmu akhlaq
2. Menunjukan arti dalil sabar
3. Menunjukan perilaku sabar
4. menjelaskan arti tawadhu’
5. Menyebutkan
dalil tawadhu’
6. Menunjukan perilaku tawadhu’ dalam
kehidupan
7. menjelaskan arti qonaah
|
1
1
1
1
2
1
1
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
23
24
25
26
27, 28
29
30
|
|
5
|
5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci)
|
5.1 Menjelaskan perbedaan hadas dan
najis dan macam-macamnya
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan thaharah
dan macam-macam thaharah
|
Thaharah
|
1. Menyebutkan macam-macam najis
2. Menampilkan dalil terkait urutan
wudhu
3. Menampilkan contoh hadas besar
4. Menyebutkan sunah-sunah wudhu
|
2
1
1
1
|
PG
PG
PG
PG
|
31, 32
33
34
35
|
|
6
|
6. Memahami tatacara salat
|
6.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan salat wajib
|
Shalat wajib
|
1. Menjelaskan sarat sah shalat
2. Menampilkan urutan pelaksanaan shalat
3. Menampilkan rukun wajib dan sunah
shalat
|
1
1
2
|
PG
PG
PG
|
36
37
38, 39
|
|
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Jumlah Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
|
7
|
7. Memahami tatacara salat jamaah dan munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan pengertian salat jama’ah
dan munfarid
7.2 Memperaktikkan salat jama’ah dan salat munfarid
|
Shalat
berjamaah dan munfarid
|
1. menjelaskan pengertian shalat
berjamaah dan munfarid
2. menjelaskan pengertian makmum masbuk
3. Menjelaskan tatacara menyusun shaf
4. Menjelaskan syarat menjadi imam
|
2
1
1
1
|
PG
PG
PG
PG
|
40, 43
41
42
44
|
|
8
|
8.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
1. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
|
sejarah Nabi
Muhammad SAW
|
1. Menjelaskan masa jahiliyah
2. menyebutkan tokoh-tokoh yang
berkaitan dengan masa kecil nabi
3. Menjelaskan penyebab daya tarik kota
mekah
5. menyebutkan keluarga nabi
|
2
2
1
1
|
PG
PG
PG
PG
|
45, 46
47, 49
48
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar