Minggu, 30 Oktober 2016

Kisi-kisi Soal IPA Kelas 9

Kisi-kisi Soal IPA Kelas 9



KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN IPA KELAS 9

MKKS KABUPATEN GUNUNGKIDUL

NO
KOMPETENSI DASAR
RUANG LINGKUP MATERI
KELAS/SEM
JUMLAH SOAL
INDIKATOR
NO SOAL
1
3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari



















3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


















3.3  Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari















3.4  Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Teori Atom




Muatan Listrik Statik




Interaksi Benda Bermuatan



Gaya Coulomb




Induksi Listrik


Arus Listrik


Hukum Ohm









Hukum Kirchoff




Rangkaian Hambatan Listrik



Gaya Gerak Listrik


Sumber Tegangan Arus Searah










Beda Potensial




Energi Listrik



Daya Listrik




Perubahan Bentuk Energi Listrik

Biaya Energi Listrik
9/1




9/1




9/1



9/1




9/1




9/1


9/1




9/1




9/1




9/1




9/1



9/1



9/1



9/1



9/1




9/1



9/1




9/1



9/1
1




1




1



1




1




1


1




1




1




1




1



1



1



1



1




1



1




1



1




1
Disajikan data, pesserta didik dapat menentukan muatan atom berkaitan dengan partikel proton, elektron dan netron

Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan konsep listrik statik

Peserta didik dapat menjelaskan interaksi dua benda bermuatan


Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada persamaan hukum coulomb jika besaran lain telah ditentukan

Disajikan gambar Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa induksi listrik pada elektroskup


Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa aliran arus listrik

Disajikan tabel Peserta didik dapat menentukan hubungan antara arus listrik, tegangan listrik dan hambatan listrik

Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada persamaan hukum ohm jika besaran lain telah ditentukan

Disajikan gambar Peserta didik dapat menentukan besarnya Kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian

Disajikan gambar Peserta didik dapat menentukan besarnya kuat arus listrik pada sebuah hambatan


Disajikan gambar Peserta didik dapat membedakan GGL dengan tegangan jepit

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan  bagian-bagian sebuah elemen arus

Peserta didik dapat menyebutkan proses-proses yang terjadi pada sumber arus DC

Disajikan gambar Peserta didik dapat membaca hasil pengukuran beda potensial listrik

Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada konsep beda potensial jika besaran lain telah ditentukan

Peserta didik dapat menentukan suatu besaran pada energi listrik jika besaran lain telah diketahui

Peserta didik dapat menentukan suatu besaran pada daya listrik jika besaran lain telah diketahui


Peserta didik dapat menyebutkan contoh alat yang dapat merubah energi listrik menjadi bentuk lain

Peserta didik dapat menghitung biaya energi listrik yang harus dibayarkan dalam kurun waktu tertentu

Peserta didik dapat mendekripsikan tentang penghematan energi
1




2




3



4




5




6


7




8




9




10




11



12



13



14



15




16



17




18



19




 20


                                                                                                                                                                       
                                                                                                                                                                       
No
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Uaraian Materi
Indikator
No.
Soal
1
2
3
5
6
1






1.      Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


Sistem Eksresi pada Manusia
1.    Disajikan gambar bagian alat eksresi, peserta didik dapat menunjukkan bagian yang mempunyai fungsi tertentu.

2.    Disajikan data organ ekskresi, peserta didik dapat menunjukkan urutan keluarnya zat sisa dari salah satu organ ekskresi.

3.    Peserta didik dapat menunjukkan zat sisa yang dihasilkan oleh organ eksresi tertentu , bila disajikan gambar skema percobaan.

4.    Peserta didik dapat menunjukkan fungsi organ ekskresi bila disajikan pernyataan.

5.    Disajikan ciri-ciri penyakit pada sistem eksresi,  peserta  didik dapat  
      menunjukkan nama penyakit pada salah satu   organ eksresi.

21




22


23



24


25



1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

Sistem Reproduksi pada Manusia
1.    Disajikan gambar skema organ reproduksi , peserta didik dapat menunjukkan oragn yang mempunyai fungsi tertentu .
2.    Disajikan data organ reproduksi, peserta didik dapat membedakan organ reproduksi pada wanita dan pria .


3.    Peserta didik dapat menyebutkan  fungsi bagian organ reproduksi  tertentu .

4.    Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya bayi kembar

5.    Peserta didik dapat menyebutkan kelainan/penyakit pada organ reproduksi bila disajikan ciri-cirinya.
26


27



28


29

30



1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Sistem Koordinasi dan Alat Indera pada Manusia
1.    Disajikan gambar sel saraf , peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian-bagian  yang ditunjuk.

2.    Disajikan  urutan jalannya rangsang  ,  peserta didik dapat menunjukkan urutan yang benar  pada suatu gerakan.

3.    Peserta didik dapat menunjukkan beberapa fungsi saraf tak sadari.

4.    Disajikan fungsi saraf pusat, peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian otak

5.    Disajikan gambar alat indra, peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian yang ditunjuk.
31


32


33


34
35



1.41Mengidentifikasi   kelangsungan hidup  makhluk hidup melalui  adaptasi, seleski alam,  dan perkembangbiakan
Kelangsungan Hidup Organisme
1.    Peserta didik dapat menunjukkan cara adaptasi suatu organisme.
2.    Peserta didik dapat menunjukkan adaptasi yang cocok suatu organisme bila disajikan gambar.
3.    Peserta didik dapat dapat menunjukkan tujuan organisme melakukan tingkah laku tertentu dalam rangka adaptasi dengan lingkungannya.
4.    Peserta didik dapat menunjukkan contoh seleksi alam, bila disajikan pernyataan.

5.    Disajikan gambar skema cara perkembangbiakan suatu organisme, peserta didik dapat menunjukkan nama cara perkembangbiakan tersebut.

36

37

38


39


40



Tidak ada komentar:

Posting Komentar