KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA PELAJARAN IPA KELAS 9
MKKS KABUPATEN GUNUNGKIDUL
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
RUANG LINGKUP MATERI
|
KELAS/SEM
|
JUMLAH SOAL
|
INDIKATOR
|
NO SOAL
|
|
1
|
3.1 Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis
percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Teori Atom
Muatan Listrik
Statik
Interaksi Benda
Bermuatan
Gaya Coulomb
Induksi Listrik
Arus Listrik
Hukum Ohm
Hukum Kirchoff
Rangkaian
Hambatan Listrik
Gaya Gerak
Listrik
Sumber Tegangan
Arus Searah
Beda Potensial
Energi Listrik
Daya Listrik
Perubahan
Bentuk Energi Listrik
Biaya Energi
Listrik
|
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
9/1
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Disajikan data, pesserta didik dapat menentukan muatan atom berkaitan dengan
partikel proton, elektron
dan netron
Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa sehari-hari yang berhubungan
dengan konsep listrik statik
Peserta didik dapat
menjelaskan interaksi dua benda bermuatan
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada persamaan hukum
coulomb jika besaran lain telah ditentukan
Disajikan gambar Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa induksi
listrik pada elektroskup
Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa aliran arus listrik
Disajikan tabel Peserta didik dapat menentukan hubungan antara arus
listrik, tegangan listrik dan hambatan listrik
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada persamaan hukum
ohm jika besaran lain telah ditentukan
Disajikan gambar Peserta didik dapat menentukan besarnya Kuat arus
listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian
Disajikan gambar Peserta didik dapat menentukan besarnya kuat arus listrik
pada sebuah hambatan
Disajikan gambar Peserta didik dapat membedakan GGL dengan tegangan jepit
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan bagian-bagian sebuah elemen arus
Peserta didik
dapat menyebutkan proses-proses yang terjadi pada sumber arus DC
Disajikan gambar Peserta didik dapat membaca hasil pengukuran beda
potensial listrik
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada konsep beda
potensial jika besaran lain telah ditentukan
Peserta didik dapat menentukan suatu besaran pada energi listrik jika
besaran lain telah diketahui
Peserta didik dapat menentukan suatu besaran pada daya listrik jika
besaran lain telah diketahui
Peserta didik dapat menyebutkan contoh alat yang dapat merubah energi
listrik menjadi bentuk lain
Peserta didik dapat menghitung biaya energi listrik yang harus dibayarkan
dalam kurun waktu tertentu
Peserta didik dapat mendekripsikan tentang penghematan energi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
|
No
|
Standar
Kompetensi/
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Uaraian
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
|
1
|
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Eksresi
pada Manusia
|
1.
Disajikan
gambar bagian alat eksresi, peserta didik dapat menunjukkan bagian yang
mempunyai fungsi tertentu.
2.
Disajikan
data organ ekskresi, peserta didik dapat menunjukkan urutan keluarnya zat
sisa dari salah satu organ ekskresi.
3.
Peserta
didik dapat menunjukkan zat sisa yang dihasilkan oleh organ eksresi tertentu
, bila disajikan gambar skema percobaan.
4.
Peserta
didik dapat menunjukkan fungsi organ ekskresi bila disajikan pernyataan.
5.
Disajikan
ciri-ciri penyakit pada sistem eksresi,
peserta didik dapat
menunjukkan nama penyakit pada salah
satu organ eksresi.
|
21
22
23
24
25
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi pada manusia
|
Sistem
Reproduksi pada Manusia
|
1.
Disajikan
gambar skema organ reproduksi , peserta didik dapat menunjukkan oragn yang
mempunyai fungsi tertentu .
2.
Disajikan
data organ reproduksi, peserta didik dapat membedakan organ reproduksi pada
wanita dan pria .
3.
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi bagian
organ reproduksi tertentu .
4.
Peserta
didik dapat menjelaskan terjadinya bayi kembar
5.
Peserta
didik dapat menyebutkan kelainan/penyakit pada organ reproduksi bila
disajikan ciri-cirinya.
|
26
27
28
29
30
|
|
|
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Koordinasi dan Alat Indera pada Manusia
|
1.
Disajikan
gambar sel saraf , peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian-bagian yang ditunjuk.
2.
Disajikan urutan jalannya rangsang , peserta
didik dapat menunjukkan urutan yang benar
pada suatu gerakan.
3.
Peserta
didik dapat menunjukkan beberapa fungsi saraf tak sadari.
4.
Disajikan
fungsi saraf pusat, peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian otak
5.
Disajikan
gambar alat indra, peserta didik dapat menunjukkan fungsi bagian yang
ditunjuk.
|
31
32
33
34
35
|
|
|
1.41Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
|
Kelangsungan Hidup Organisme
|
1.
Peserta
didik dapat menunjukkan cara adaptasi suatu organisme.
2.
Peserta
didik dapat menunjukkan adaptasi yang cocok suatu organisme bila disajikan
gambar.
3.
Peserta
didik dapat dapat menunjukkan tujuan organisme melakukan tingkah laku
tertentu dalam rangka adaptasi dengan lingkungannya.
4.
Peserta
didik dapat menunjukkan contoh seleksi alam, bila disajikan pernyataan.
5.
Disajikan
gambar skema cara perkembangbiakan suatu organisme, peserta didik dapat
menunjukkan nama cara perkembangbiakan tersebut.
|
36
37
38
39
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar